Implementasi Nilai-Nilai Panca Jiwa Dalam Membemntuk Kepribadian Santri Pondok Modern Darussalam Gontor

Hafiduddin, Zaky Akbar (2021) Implementasi Nilai-Nilai Panca Jiwa Dalam Membemntuk Kepribadian Santri Pondok Modern Darussalam Gontor. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101619029_prabab.pdf

Download (905kB)
[img] Text
92101619029_bab1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
92101619029_bab2.pdf

Download (497kB)
[img] Text
92101619029_bab3.pdf

Download (348kB)
[img] Text
92101619029_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
92101619029_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
92101619029_bab6.pdf

Download (221kB)
[img] Text
92101619029_daftarpustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
92101619029_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
92101619029_lembarpernyataan.pdf

Download (135kB)

Abstract

ABSTRAK ZAKY AKBAR HAFIDUDDIN, 2020, Implementasi Nilai-Nilai Panca Jiwa dalam Membentuk Kepribadian Santri Pondok Modern Gontor, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Prof. H.Fauzan Saleh, M.A, Ph.D 2. Dr. Hj Mu’awanah, M.Pd. Kata Kunci: Panca Jiwa, Kepribadian Santri Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia mempunyai nilai-nilai ajaran Islam, sosial, budaya yang cukup komprehensif mempunyai kontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pesantren mempunyai dinamika kehidupan yang aktif, kreatif, dan inovatif. Sehingga nilai-nilai yang ada di pesantren mampu berkembang dengan baik dan mampu terinternalisasi kepada seluruh elemen yang ada di pesantren mulai kyai, guru, hingga para santri. Dalam peneltian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitaitif dinamakan sebagai metode baru, karena popularitasnya belum lama, dinamakan metode postpositivistik karena berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Metode ini juga disebut metode artistik, karena proses penelitiannya lebih bersifat seni (kurang berpola), dan disebut sebagai interpretive karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interpretasi terhadap data yang ditemukan di lapangan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara,. Metode pengumpulan data ini dilakuakan untuk mengetahui Implementasi nilai-nilai Panca Jiwa dalam membentuk Kepribadian Santri Pondok Modern Darussalam Gontor. Hasil penelitian ini, bahwa penanaman nilai-nilai Panca Jiwa mempunyai peran sangat penting dalam membentuk kepribadian santri Pondok Modern Gontor. Dengan didukung sistem pesantren yang selama 24 Jam santri selalu diawasi dan dibina oleh para guru dan Kyai. Sangat membantu dalam melaksanakan proses internalisasi nilai-nilai Panca Jiwa. Dengan penanaman nilai-nilai Panca Jiwa santri Pondok Modern Gontor mempunyai militnasi dan dedikasi yang tinggi, tidak sebatas hidup tapi mampu menghidupi dan memberikan dampak positif kepada masyarakat. Hal ini didukung dengan gagasan K.H Abdullah Syukri bahwa pendidikan adalah suatu upaya merubah pola pikir, sikap dan perilaku peserta didik, dari yang negatif menuju positif. Perubahan tersebut bisa diamati dalam kehidupan sehari-hari, sejauh mana seseorang mampu berpikir, bersikap dan berperilaku positif dalam menyelesaikan problema hidup dan kehadirannya mampu memberikan kemanfaatan sebanyak mungkin bagi orang banyak. Oleh sebab itu apa yang dilihat, didengar, dikerjakan, dan dirasakan peserta didik adalah bagian dari pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zaky Akbar Hafiduddin
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:24
Last Modified: 22 Jun 2022 01:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item View Item