Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Progam Adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri

Wijaya, Toni (2019) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Progam Adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101016027 prabab.pdf

Download (344kB)
[img] Text
92101016027 BAB I.pdf

Download (636kB)
[img] Text
92101016027 BAB II.pdf

Download (630kB)
[img] Text
92101016027 BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
92101016027 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92101016027 BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
92101016027 Bab VI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
92101016027 Daftar Pustaka.pdf

Download (359kB)
[img] Text
92101016027 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Melihat fenomena bencana yang terjadi diberbagai daerah seperti tanah longsor, banjir, pencemaran air sungai, pencemaran udara dan lain sebagainya. Merupakan dampak dari ulah tangan manusia terhadap lingkungan hidup dalam menjaga dan melestarikannya. Kemudian, untuk mengatasi problem lingkungan yang semakin hari semakin parah, maka perlu langkah yang strategis dan berkesinambungan. Langkah yang dimaksud adalah melalui pendidikan. Sebab pendidikan merupakan tempat yang paling tepat untuk menanamkan nilai-nilai melestarikan lingkungan. Berangkat dari hal tersebut MTs Negeri Kanigoro Kediri dalam progam adiwiyata kemudian mengintegrasikannya melalui kurikulum, KBM dan praktek, termasuk pendidikan agama islam meliputi akidah akhlak, SKI, fiqih, dan qur’an hadist. Fokus penelitian ini membahas tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam progam adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam progam adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro. 2) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam progam adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro. 3) Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam progam adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam dalam progam adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro yaitu guru sebelum mengajar membuat RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) dengan ditambahkan materi yang berkaitan dengan lingkungan hidup melalui indikator pembelajaran, serta melakukan aksi kegiatan seperti penanaman pohon, pembuatan sumur biopori, dan memilah sampah organik dan non organik. 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam dalam progam adiwiyata di MTs Negeri Kanigoro yaitu berupa KBM yang berlangsung mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup sampai teknik pengambilan nilai juga terintegrasi dengan progam adiwiyata. 3) Evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam progam adiwiyata yaitu hasil evaluasinya menggunakan tes dan non tes. Evaluasi tes tersebut seperti ulangan harian dan ulangan semester serta evaluasi non tes, seperti ujian praktek dan unjuk kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:36
Last Modified: 20 Jun 2022 01:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4734

Actions (login required)

View Item View Item