Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid -19 Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Purwoasri

Fitriya, Isna Lailatul (2021) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid -19 Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Purwoasri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104117_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104117_bab1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
932104117_bab2.pdf

Download (384kB)
[img] Text
932104117_bab3.pdf

Download (462kB)
[img] Text
932104117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932104117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
932104117_bab6.pdf

Download (292kB)
[img] Text
932104117_daftarpustaka.pdf

Download (331kB)
[img] Text
932104117_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FITRIYA, ISNA LAILATUL, 2021. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid -19 Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Purwoasri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dn Ilmu Keguruan, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan (2) Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I Virus Corona-19 yang berasal dari Cina telah menyebar dengan cepat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Menteri Pendidikan telah memutuskan untuk memberlakukan sosial distancing sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19 dengan pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). SMAN 1 Purwoasri merupakan sekolah yang ada di kecamatan purwoasri yang hanya melaksanakan pembelajaran secara daring tidak ada luring seperti yang dilaksanakan sekolah lain. Pelaksanaan pembelajaran dengan jarak jauh membuat prestasi dari peserta didik menurun. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan PJJ mata pelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di SMAN 1 Purwoasri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan model CIPP dan menggunakan pendekatan metode mixed method (campuran) yaitu menggabungkan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Hasilnya: 1. Context yaitu Sekolah sudah memahami sepenuhnya tentang pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19, legalitas dari program ini adanya surat dari cabang dinas pendidikan yang diberikan oleh pihak sekolah, dukungan lingkungan sangat baik, tujuan program yaitu untuk mencegah penyebaran virus covid-19. 2. Input yaitu SDM guru sangat berperan dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19, sarana dan prasarana yang diberikan sudah memenuhi. 3. Process yaitu pelaksanaan program pembelajaran PAI pada masa pandemic covid-19 guru melakukan pembelajaran melalui WhatsApp dan Google Classroom. Mulai dari salam pembuka di whatsapp group, mengirim materi, tugas dan mengumpulkan tugas di google classroom. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemic covid-19 di monitoring oleh kepala sekolah dibantu dengan waka. Monitoring dilakukan melalui laporan PJJ dari guru. 4. Product pencapaian 4 aspek sikap spiritual sudah sangat baik terlihat pada hasil angket rata-rata peserta didik selalu menerapkan sikap spiritual. Sedangkan, pada aspek sosial peserta didik masih kadang-kadang dalam menjalankan sikap jujur dan disiplin. Hasil dari aspek pengetahuan peserta didik sudah sangat baik nilai yang diperoleh rata-rata 92,0 dengan predikat A. Sedangkan pada keterampilan meresume peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 83,5 dengan predikat B.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:56
Last Modified: 14 Jun 2022 07:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item View Item