Analisis Daur Ulang Barang Retur Ditinjau Dari Produksi Dalam Islam (Studi Kasus Home Industry Sincan Coklat Desa Sitimerto Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri)

Khotimah, Khusnul (2017) Analisis Daur Ulang Barang Retur Ditinjau Dari Produksi Dalam Islam (Studi Kasus Home Industry Sincan Coklat Desa Sitimerto Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Halaman Judul_DAFTAR ISI ix.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB I (1-11).pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II (12-38).pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB III (39-47).pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV 48-68.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB V 69-78.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
BAB VI 79-80.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 81-83.pdf

Download (104kB)
[img] Text
SP_20170621_0001_SURAT KETERANGAN PENELITIAN LEMBAGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)

Abstract

Home Industry sincan coklat desa sitimerto kecamatan pagu kabupaten kediri merupakan salah satu UMKM yang ada di kediri. Dimana home industry ini memproduksi permen coklat karakter. Dalam kegiatan memproduksi menggunakan bahan baku coklat setengah jadi, kemudian diolah kembali sesuai karakter yang unik. Kegiatan produksi tidak terlepas dari retur barang sehingga dari retur permen coklat karakter tersebut di daur ulang untuk mengurangi kerugian yang fatal diakibatkan dari mahalnya harga bahan baku. Retur barang tersebut dinamakan dengan coklat retur, yang mana artinya barang yang telah rusak keadaanya, dari segi bau dan rasa. Sehingga dalam hal ini bertujuan untuk mengetahui pemanfatan coklat retur dan perspektif produksi dalam islam mengenai daur ulang coklat retur tersebut. Metode penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang hasil penelitianya disajikan dalam bentuk deskriptif dengan menceritakan apa adanya tentang tempat tertentu dan mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik, manager, dan karyawan home industry sincan coklat. Untuk pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa daur ulang di home industry Sincan Coklat Desa Sitimerto Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri apabila dalam perspektif produksi islam maka kegiatan tersebut tidak sesuai dengan prinsip produksi islam. Sebab seorang produsen dalam kegiatan produksinya tidak mempertimbangkan maslahah masyarakat, maslahah didapat jika seorang produsen dalam memproduksi barang atau jasa memperhatikan maqasid syariah (tujuan syariah), yaitu melindungi agama dengan memproduksi barang yang halal, melindungi kehidupan dengan meproduksi yang memperhatikan kesehatan konsumen, melindungi akal dengan memproduksi barang yang tidak merusak moral, melindungi harta dengan tetap memperhatikan nilai keadilan dan kebajikan, dan melindungi keturunan dengan memproduksi coklat yang memberikan kesehatan untuk generasi mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 17 Dec 2018 01:08
Last Modified: 17 Dec 2018 01:08
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item View Item