Urgensi Ilmu Nahwu dalam Pembelajaran Tafsir Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri.

Chirisna, Mohamad Bintar Shoud Al (2019) Urgensi Ilmu Nahwu dalam Pembelajaran Tafsir Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933310313 PRA BAB.pdf

Download (649kB)
[img] Text
933310313 BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
933310313 BAB II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
933310313 BAB III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
933310313 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933310313 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
933310313 BAB VI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
933310313 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
933310313 LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)

Abstract

Tingkat pemahaman ilmu nahwu para santri akhir-akhir ini mengalami pergeseran. Pergeseran pemahaman ini, tentu tidak dapat dilepaskan dari sebuah proses dan metode yang diterapkan pada waktu pembelajaran. Pemahaman akan ilmu nahwu tersebut, tentu juga akan berpengaruh terhadap proses penafsiran al-Qur’an, karena ilmu ini menduduki posisi yang sangat penting dan termasuk salah satu komponen dalam mengetahui makna dan maksud yang terkandung di dalam al-Qur’an. Pondok pesantren al-Islah diharapkan mampu mengatasi persoalan tersebut melalui kedua model pembelajaran tafsirnya. Adanya persoalan seperti itu mengindikasikan munculnya sebuah pertanyaan, yaitu: (1) Bagaimana proses pembelajaran ilmu nahwu di pondok pesantren al-Islah Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri? (2) Bagaimana metode pembelajaran tafsir al-Qur’an di pondok pesantren al-Islah Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri? (3) Apa urgensi ilmu nahwu dalam pembelajaran tafsir al-Qur’an di pondok pesantren al-Islah Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus,. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1). Proses pembelajaran ilmu nahwu di pondok pesantren al-Islah Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri, diawali dari pembelajaran wajib di dalam kelas pada waktu diniyah, hingga pembelajaran sunah (penunjang) di luar kelas pada jam tambahan. 2). Metode pembelajaran tafsir al-Qur’an di pondok pesantren al-Islah Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri, pada dasarnya menerapkan metode ceramah, dan metode bandongan. Sistem pembelajaran tersebut pada dasarnya berjalan mengikuti adat istiadat yang sudah diijtihadi oleh KH. Thaha Mu’id selaku muasis pondok pesantren al-Islah. 3). Ilmu nahwu dalam pembelajaran tafsir al-Qur’an di pondok pesantren al-Islah Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri, merupakan salah satu komponen yang sangat urgent.. Hal ini dikarenakan hasil penafsiran dengan menggunakan sudut pandang ilmu nahwu lebih akurat maknanya dibanding dengan tidak memperhatikan sudut pandang ilmu nahwu sama sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040304 Hadith and Related Knowledge (Hadits dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030401 Ilmu Hadits (incl : Dirayah, Riwayah, Rijal Hadits, Jarah dan Ta’dil, Tabaqat al-Ruwat, Asbab Wurud, Nasikh dan Mansukh)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Hadits
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:33
Last Modified: 25 Apr 2022 01:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4328

Actions (login required)

View Item View Item