Analisis Produksi Krupuk Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada UD Krupuk Sentosa Desa Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri

Saputri, Ira Aulia (2017) Analisis Produksi Krupuk Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada UD Krupuk Sentosa Desa Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
ABSTRAK_halaman pra bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_SP_20170621_0001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Produksi adalah kegiatan manusia untuk menghasilkan barang dan jasa yang kemudian dimanfaatkan oleh konsumen. Perilaku bisnis berdasarkan etika perlu diterapkan meskipun tidak menjamin berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, akan tetapi setidaknya akan menjadi rambu-rambu pengaman apabila terjadi pelanggaran etika yang menyebabkan timbulnya kerugian bagi pihak lain. Proses produksi krupuk yang terjadi pada UD Krupuk Sentosa melalui beberapa tahap, mulai dari pembuatan krecek sampai pada penggorengan, pengemasan dan sampai krupuk siap untuk dipasarkan. Dalam melewati semua tahap tersebut harus dilakukan dengan baik sebagaimana yang telah diajarkan oleh agama Islam. Penelitian ini bermaksud untuk (1) mengetahui proses produksi krupuk pada UD Krupuk Sentosa Desa Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri, (2) mengetahui proses produksi krupuk pada UD Krupuk Sentosa Desa Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri ditinjau dari etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di lapangan dan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif. Adapun responden dalam penelitian ini yaitu produsen krupuk, karyawan dan tengkulak. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa proses produksi pada UD Krupuk Sentosa, diantaranya yaitu (1) menjaga rasa dan isi kemasan, (2) jika harga krecek naik produsen tidak menaikkan harga, (3) menjaga loyalitas tengkulak dengan memberikan bonus, (4) menggoreng dengan minyak sisa dari semua penggorengan, (5) krupuk yang tidak renyah tetap dipasarkan, (6) menggoreng krupuk yang menjamur, (7) pengemasan krupuk tidak dtimbang. Melihat dari proses produksi tersebut, maka proses produksi tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Karena ada temuan yang menunjukkan perilaku produsen yang masih menyimpang dari kaidah Islam. Namun masih ada beberapa proses produksi yang telah sesuai dengan etika bisnis dalam Islam, yaitu produsen menjaga rasa yang lebih enak dan kemasan yang baik dibanding dengan produsen krupuk yang lain, jika harga krecek naik produsen tidak menaikkan harga krupuk, adanya bonus atau tambahan krupuk yang diberikan kepada tengkulak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 14 Dec 2018 06:59
Last Modified: 14 Dec 2018 06:59
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item