Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Di Lembaga Al-Fitrah Course Ds. Tulungrejo Kec. Pare Kab. Kediri

Anas, Azwar (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Di Lembaga Al-Fitrah Course Ds. Tulungrejo Kec. Pare Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100916003_prabab.pdf

Download (566kB)
[img] Text
92100916003_bab1.pdf

Download (252kB)
[img] Text
92100916003_bab2.pdf

Download (450kB)
[img] Text
92100916003_bab3.pdf

Download (169kB)
[img] Text
92100916003_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
92100916003_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
92100916003_bab6.pdf

Download (140kB)
[img] Text
92100916003_daftarpustaka.pdf

Download (101kB)
[img] Text
92100916003_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Nilai-nilai Islam dalam membentuk Akhlak di lembaga Al-fitrah Chourse desa Tulung rejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, .Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di Lembaga Al-fitrah Chourse Desa Tulung Rejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Pelaksanaan penelitian selama beberapa bulan berlalu, dimulai dari bulan Juli 2017 sampai bulan Desember tahun 2018. Sumber data penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan dari subjek penelitian yang meliputi Pimpinan Lembaga Al-Fitrah Chourse, Pembimbing satu, Pembimbing dua, Pembimbing tiga, dan para Adak didik. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber data. Teknik analisa data menggunakan model interaktif, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai Islam dalam pembentukan Akhlak bertujuan untuk agar anak didik memiliki dan meningkatkan nilai-nilai Iman dan taqwa kepada tuhan yang maha ESA. Sehingga dengan meningkatkan nilai-nilai tersebut dapat menjiwai tumbuhnya nilai-nilai kemanusiaan yang luhur. Sedangkan dalam Internalisasi pada umumnya merupakan salah satu pembentuk mental anak didik agar memiliki pribadi yang bermoral dan bersusila yang bertujuan untuk membina mental dan kepribadian yang menambahkan Iman kepada anak didik. Adapun dalam Upaya untuk membentuk Nilai-nilai Islam di Lembaga Al-Fitrah Chourse hal ini dibuktikan dengan adanya jam kegiatan yang rutin dilaksanakan bakda subuh. untuk mengaplikasian Nilai-nilai Islam tersebut diharapkan akan membentuk siswa menjadi pribadi muslim yang beraklakulkarimah dan selalu taat menjalankan syariat Islam baik dalam lingkungan keluarga, maupun masyarakat serta di lingkungan lembaga Al-fitrah Chourse. Dalam membentuk akhlakulkarimah, Lembaga Al-Fitrah Chourse Memiliki Metode yang meliputi: Metode keteladanan, dan metode Pembiasaan. dengan menggunakan Metode ini, maka terciptalah Nilai-nilai Islam yang akan dijadikan pedoman oleh para peserta didik. Sehingga nilai ini bukan hanya difahami, akan tetapi juga di implementasikan. Mengenai Nilai-nilai Islam yang di Internalisasikan berupa Nilai di bidang Aqidah, Nilai di syariah, dan nilai di bidang aklak. Untuk mencapai nilai-nilai Islam dalam mebentuk akhlak, Lembaga Al— Fitrah Chourse mengadakan program yang beracuan pada kegiatan yang telah diberikan kepada Peserta didik di lembaga tersebut. Oleh karena itu Lembaga Alfitrah Chourse Melakukan beberapa Program kegiata dengan cara bimbingan, menggerakkan, mengarahkan, membimbing dan mengkoordinasikan dalam pelaksanaan beberapa kigiatan. Yaitu dengan Program Mutivasion Class, Program Kahfian, Program Yasinan, dan Program Kultum tiap hari jum’at.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:04
Last Modified: 06 Apr 2022 02:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4081

Actions (login required)

View Item View Item