Implementasi Pelayanan Kepesertaan BPJS Kesehatan KCU Kediri Ditinjau dari Etika Pelayanan Islam

Yuliana, Eva Vera (2017) Implementasi Pelayanan Kepesertaan BPJS Kesehatan KCU Kediri Ditinjau dari Etika Pelayanan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
i. Cover Skripsi_v. Halaman Pra BAB.pdf

Download (337kB)
[img] Text
vi. BAB I.pdf

Download (63kB)
[img] Text
vii. BAB II.pdf

Download (161kB)
[img] Text
viii. BAB III.pdf

Download (36kB)
[img] Text
ix. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
x. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
xi. BAB VI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
xii. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] Text
xiii. Profil Penulis_xiv. Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)

Abstract

Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya perlu kesehatan, maka dibutuhkan sebuah lembaga jaminan kesehatan agar dapat meminimalisir resiko-resiko yang akan terjadi di masa datang. Untuk itu, sebuah lembaga jaminan kesehatan perlu pelayanan yang prima dan efektif bagi para pesertanya. Karena lembaga tersebut terfokus pada pelayanan kepesertaan atau lembaga nirlaba yang bukan profit oriented. Namun, dalam melakukan pelayanan kepesertaan selayaknya dengan jalan yang sesuai dengan etika Pelayanan Islam. Pada penelitian ini bermaksud untuk mengetahui implementasi pelayanan kepesertaan BPJS Kesehatan KCU Kediri ditinjau dari etika pelayanan islam. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat ditarik keseimpulan, yang kemudia dibuat suatu rumusan masalah berkaitan hal tersebut. Bagaimana pelayanan kepesertaan pada BPJS Kesehatan KCU Kediri dan bagaimana pelayanan kepesertaan nya jika ditinjau dari etika pelayanan islam. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini diantaranya Kepala Unit MK & UPMP4, sebagian duta BPJS Kesehatan KCU Kediri dan peserta BPJS Kesehatan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Tahap analisis yang peneliti lakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kemudian menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menyebutkan, bahwa BPJS Kesehatan KCU Kediri memang sudah melakukan pelayanan prima pada peserta. Namun, masih ada beberapa hal dalam pelayanan duta BPJS Kesehatan yang belum sesuai dengan harapan para peserta, seperti efisiensi waktu dengan cepat dan ketepatan pelayanan kepada peserta. Meskipun BPJS Kesehatan merupakan lembaga BUMN yang notabene tidak berbasis syariah, akan tetapi, terdapat beberapa etika pelayanan kepesertaan yang dilakukan sesuai dengan etika pelayanan dalam Islam seperti fathanah, tabligh,dan amanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 14 Dec 2018 03:06
Last Modified: 14 Dec 2018 03:06
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item