Problematika Pembentukan Akhlak Siswa Di Madrasah Aliyah Sunan Kalijogo Berafiliasi Pondok Pesantren Kranding Mojo Kediri

Khoiri, Fathul (2020) Problematika Pembentukan Akhlak Siswa Di Madrasah Aliyah Sunan Kalijogo Berafiliasi Pondok Pesantren Kranding Mojo Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101217010_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101217010_bab1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
92101217010_bab2.pdf

Download (579kB)
[img] Text
92101217010_bab3.pdf

Download (269kB)
[img] Text
92101217010_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92101217010_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
92101217010_bab6.pdf

Download (269kB)
[img] Text
92101217010_daftarpustaka.pdf

Download (358kB)
[img] Text
92101217010_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini, telah terjadi kekhawatiran di kalangan keluarga/orang tua atas anak-anak mereka terhadap pengaruh-pengaruh negatif yang di timbulkan dari hasil perkembangan dan kemajuan teknologi serta lingkungan yang pada saat ini secara perlahan-perlahan mengakibatkan nilai-nilai akhlak mulai mengalami pergeseran dikalangan peserta didik baik disekolah maupun dimadrasah, sehingga keadaan seperti ini menjadi sebuah problem yang senantiasa dihadapi oleh setiap sekolah/madrasah. Dengan kondisi seperti ini tentunya sangat menarik jika diadakan sebuah penelitian, oleh karena itu penulis melakukan penelitian di MA Sunan Kalijogo dengan tema Problematika Pembentukan Akhlak siswa. Dari penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan secara mendalam tentang Problematika Pembentukan Akhlak siswa MA Sunan Kalijogo dengan fokus pembahasan pada: 1) Problematika Lingkungan sosial dan fisik,2) Problematika guru dari aspek pedagogik, kepribadian, socsal dan profesional 3) Problematika siswa dari aspek bakat, kompetensi dan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian berakhir dengan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Problematika pembentukan akhlak yang terjadi di MA Sunan Kalijogo Kediri ditinjau dari aspek lingkungan terdiri dari lingkungan sosial madrasah yaitu kurangnya adanya etika dalam berbicara seorang murid terhadap guru dan terkadang terjadi kasus bully antar siswa pada saat ulang tahun., lingkungan sosial keluarga yaitu kurangnya perhatian dari orang tua dan lingkungan sosial masyarakat yaitu perilaku anakanak yang sering gerombol dipinggir jalan pada saat menunggu jumputan bus dari pondok pesantren membuat pengendara lalu lintas resah dan merasa terganggu serta lingkungan fisik yang meliputi adanya rasio guru dan siswa yang belum memenuhi standar, masjid yang masih menumpang di area pondok dengan kapasitas kecil kurang lebih 700 orang, dan perpustakaan yang berada di loronglorong ruangan (2). Problematika pembentukan akhlak yang terjadi di MA Sunan Kalijogo Kediri ditinjau dari aspek kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik yang meliputi kurangnya kreatifitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yang sudah ada , kompetensi kepribadian yang meliputi kurangnya sikap kedewasaan dan kebijaksanaan guru dalam menghadapi siswa bermasalah masih belum bisa menangani dan mengatasi sendiri sehingga adanya ketergantungan kepada kepala madrasah maupun guru lainnya, kompetensi sosial yang meliputi meliputi kurangnya komunikasi dan pendekatan antara pendidik, peserta didik dan wali murid menyebabkan komunikasi menjadi kurang efektif dan kompetensi profesional yang meliputi tanggungjawab guru dalam menerapkan dan melaksanakan kurikulum 13 belum maksimal. (3). Problematika pembentukan akhlak siswa di MA Sunan Kalijogo Kediri ditinjau dari aspek siswa yaitu bakat yang meliputi jadwal pesantren yang terlalu padat, kompetensi yang meliputi pergaulan dilingkungan pondok pesantren dan rendahnya IQ siswa dan motivasi siswa yang meliputi siswa kurang semangat dalam kegiatan pembelajaran disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:05
Last Modified: 04 Mar 2022 02:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3672

Actions (login required)

View Item View Item