Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Terhadap Perilaku Beragama Di SMA 1 Pare

Fauziyah, Irma Khoirotul (2021) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Terhadap Perilaku Beragama Di SMA 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932124414_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932124414_bab1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
932124414_bab2.pdf

Download (569kB)
[img] Text
932124414_bab3.pdf

Download (272kB)
[img] Text
932124414_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
932124414_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
932124414_bab6.pdf

Download (70kB)
[img] Text
932124414_daftarpustaka.pdf

Download (295kB)
[img] Text
932124414_suratpernyataan.pdf

Download (387kB)

Abstract

Keberadaan ekstrakurikuler rohani Islam merupakan kegiatan yang berbasiskan agama. Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini terdapat program yang diusahakan dapat menciptakan dan membangun perilaku keberagaman siswa diantaranya mendengarkan tausiyah agama, bakti sosial, pengajian Al-Qur’an, Peringatan Hari Besar Islam, seni khat Al-Qur’an, seni tilawah Qur’an dan lain sebagainya. Ekstrakurikuler Rohis adalah suatu kegiatan bimbingan, arahan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam rangka menambah wawasan pengetahuan agama siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan begitu maka muncul sejumlah pertanyaan yang menjadi focus penelitian yaitu 1) Bagaimana kegiatan ekstrakulikuler rohani Islam di SMAN 1 Pare?, 2) Bagaimana perilaku keberagaman siswa SMAN 1 Pare?,3)Adakah pengaruh kegiatan ekstra rohani Islam terhadap perilaku kebergaman siswa SMAN 1 Pare? Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui kegiatan ekstrakulikuler rohani Islam di SMAN 1 Pare. 2) Untuk mengetahui Perilaku keberagaman siswa SMAN 1 Pare 3)Untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstra rohani Islam terhadap perilaku kebergaman siswa SMAN 1 Pare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Lokasi penelitian di SMAN 1 Pare. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian peneliti menggunakan SPSS, sebagai pendekatan dalam menentukan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1), Berdasarkan variabel X yaitukegiatan ekstrakurikuler rohis dengan 25 item pertanyaan dapat diketahui bahwa factor yang paling mempengaruhi perilaku beragama siswa adalah pada item nomor 3 sebesar 75% bahwa siswa sering mengikuti kegiatan pengajian bersama disekolah. 2), Berdasarkan variabel Y yaitu perilaku beragama dengan 25 item pertanyaan dapat diketahui bahwa faktor yang paling mempengaruhi perilaku beragama siswa adalah pada item nomor 7 sebesar 75% bahwa siswa selalu taat beribadah makam akan ringan pula mengerjakan sesuatu. 3) Berdasarkan perhitungan yang sudah di olah menggunakan SPSS bahwa nilai signifikansi sebesar 0,200 lebih besar dari taraf signifikan 0,05 atau 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang diuji berdistribusi normal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irma Khoirotul Fauziyah
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:41
Last Modified: 06 Apr 2022 04:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3474

Actions (login required)

View Item View Item