دراسة مقارنة بين نتيجة التعلم في اللغة العربية لطلاب المتخرجين من المدرسة المتوسطة الإسلامية والمتوسطة العامّة في البيئة المعهدية من المدرسة الثناوية الحكومية مدينة بليتار

Faizah, Nafisatul (2019) دراسة مقارنة بين نتيجة التعلم في اللغة العربية لطلاب المتخرجين من المدرسة المتوسطة الإسلامية والمتوسطة العامّة في البيئة المعهدية من المدرسة الثناوية الحكومية مدينة بليتار. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932501413 - prabab.pdf

Download (912kB)
[img] Text
932501413 1,2,3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932501413 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932501413 6.pdf

Download (763kB)
[img] Text
932501413 dp.pdf

Download (904kB)

Abstract

Studi Komparasi Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Yang Berlatar Belakang Pendidikan SMP Dilingkungan Pesantren Dan MTs Dilingkungan Pesantren Di MAN Kota Blitar : Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP di lingkungan pesantren. 2) Untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab siswa yang berlatar belakang pendidikan MTs di lingkungan pesantren. 3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi hasil belajar Bahasa Arab antara siswa MAN Kota Blitar yang berasal dari SMP di lingkungan pesantren dan MTs di lingkungan pesantren. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik komparasi. Subyek penelitian sebanyak 78 sampel dari populasi 120 orang, menggunakan teknik quota sampling dengan 39 sampel untuk masing-masing kategori yaitu : a) 39 sampel untuk siswa berlatar belakang pendidikan SMP dilingkungan pesantren b) 39 sampel untuk siswa berlatar belakang pendidikan MTs dilingkungan pesantren. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, dengan hasil tes seperti yang tertera dalam buku laporan pendidikan atau raport. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan Analisis of Varians (ANOVA). Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan dengan prestasi hasil belajar bahasa Arab, ditunjukkan oleh nilai dari F hitung > F tabel, sehingga Ho ditolak. Karena diperoleh F hitung = 9.3, dalam taraf (derajat) signifikansi 0.05 atau α = 0.05 diperoleh F tabel = 3.97 berarti F hitung > F tabel sehingga Ho ditolak (H1 diterima). Begitupun dalam taraf (derajat) signifikansi 0.01 atau α = 0.01 diperoleh F tabel = 6.98 berarti F hitung > F tabel sehingga Ho ditolak (H1 diterima).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:12
Last Modified: 15 Feb 2022 02:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item