Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Lingkungan Sekolah Melalui Program Adiwiyata Di SMPN 1 Diwek Jombang

Maulah, Iis (2020) Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Lingkungan Sekolah Melalui Program Adiwiyata Di SMPN 1 Diwek Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932144315_prabab.pdf

Download (903kB)
[img] Text
932144315_bab1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
932144315_bab2.pdf

Download (381kB)
[img] Text
932144315_bab3.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932144315_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
932144315_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
932144315_bab6.pdf

Download (101kB)
[img] Text
932144315_daftarpustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
932144315_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kesadaran lingkungan merupakan aspek penting yang wajib dimiliki oleh setiap manusia. Minimnya kesadaran lingkungan yang dimiliki manusia mengakibatkan terjadinya bencana, jika lingkungan rusak maka manusia yang akan celaka. Program adiwiyata merupakan program unggulan SMPN 1 Diwek Jombang, dalam program tersebut upaya kepala sekolah sebagai pemimpin sekaligus penggerak dan pendorong program adiwiyata. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah di SMPN 1 Diwek Jombang?, 2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah melalui program adiwiyata di SMPN 1 Diwek Jombang?, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah melalui program adiwiyata di SMPN 1 Diwek Jombang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif ini peneliti dapat menjabarkan seluruh data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah di SMPN 1 Diwek Jombang sudah dimiliki mayoritas siswa, 95% siswa sadar lingkungan. Hal tersebut dapat dilihat dari pengetahuan siswa mengenai lingkungan dimana siswa memiliki pengetahuan bagaimana merawat dan menjaga lingkungan dengan baik, sikap dan perilaku siswa terhadap lingkungan yang dimana siswa selalu berpartisipasi dalam membersihkan dan merawat lingkungan sekolah, dan gaya hidup yang peduli dan cinta lingkungan dimana siswa selalu menerapkan gaya hidup dengan selalu membuang sampah pada tempatnya dan selalu mencuci tangan. 2) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kesadaran siswa yaitu: (a) educator (penyadaran, pembiasaan dan penguatan), (b) manajer (penyusunan kebijakan berwawasan lingkungan, memberdayakan siswa menjadi kader lingkungan), (c) innovator (menciptakan sarana pendukung ramah lingkungan), (d) motivator (pemberian motivasi positif kepada siswa agar senantiasa mengikuti kegiatan berbasis lingkungan, (e) figure (pemberian panutan dan suri tauladan yang baik). 3) Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah yaitu: (a) kebijakan sekolah berwawasan lingkungan (b) kerja sama stakeholder, (c) sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: (a) adanya siswa baru ditahun ajaran baru, (b) kurangnya kesadaran siswa, (c) perbedaan komitmen dan mainsed personil sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:30
Last Modified: 21 Jan 2022 03:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3230

Actions (login required)

View Item View Item