Implementasi PMA Nomor 13 Tahun 2014 Pada Pendidikan Diniyah Formal (Pdf) Tingkat Ulya Al-Hidayah Di Pondok Pesantren Riyadlul Mubtadi’in Lajokidul Kabupaten Tuban

Abror, Shohibul (2020) Implementasi PMA Nomor 13 Tahun 2014 Pada Pendidikan Diniyah Formal (Pdf) Tingkat Ulya Al-Hidayah Di Pondok Pesantren Riyadlul Mubtadi’in Lajokidul Kabupaten Tuban. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932140616_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932140616_bab1.pdf

Download (620kB)
[img] Text
932140616_bab2.pdf

Download (532kB)
[img] Text
932140616_bab3.pdf

Download (392kB)
[img] Text
932140616_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text
932140616_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
932140616_bab6.pdf

Download (127kB)
[img] Text
932140616_daftarpustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932140616_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2015 pendidikan formal secara nasional telah bertambah dengan munculnya pendidikan diniyah formal (PDF) khusus untuk pesantren. Beberapa pesantren telah menerapkan kurikulum PDF tersebut akan tetapi dalam pengembangannya tidak didukung dengan adanya dokumen perencanaan, sehingga perlu dikaji dan diteliti lebih rinci agar diperoleh gambaran utuh mengenai aktualisasinya di dalam pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum PDF di pondok pesantren Riyadlul Mubtadi’in Lajukidul Kabupaten Tuban. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum PDF. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan kurikulum PDF yang dilaksanakan di pondok pesantren Riyadlul Mubtadi’in sudah sesuai dengan aturan dasar PDF yang telah ditetapkan oleh pemerintah mulai dari tujuan, materi dan sumber belajar, alokasi waktu, serta sistem penilaian. Meskipun demikian, pesantren tersebut masih tetap mempertahankan kekhasan pesantren yang meliputi muatan lokal, pengelolaan kelas, serta strategi pembelajaran yang digunakan seperti bandongan dan sorogan. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi beberapa pesantren yang menerapkan kurikulum PDF serta dapat membantu menyebarluaskan informasi tentang keberadaan PDF di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan demikian, lulusan dari PDF ini diharapkan dapat diterima baik di pendidikan tinggi maupun institusi formal lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:00
Last Modified: 21 Jan 2022 03:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item