Strategi Komunikasi Radio Brass FM Dalam Mempertahankan Loyalitas Pendengar Di Wilayah Kediri

Lindasari, Dionesia (2021) Strategi Komunikasi Radio Brass FM Dalam Mempertahankan Loyalitas Pendengar Di Wilayah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933506016_prabab.pdf

Download (608kB)
[img] Text
933506016_bab1.pdf

Download (447kB)
[img] Text
933506016_bab2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
933506016_bab3.pdf

Download (262kB)
[img] Text
933506016_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
933506016_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
933506016_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
933506016_daftarpustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
933506016_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
933506016_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf

Download (121kB)

Abstract

DIONESIA LINDASARI, Dosen Pembimbing Siti Amanah, M.Si. dan Ridho Afifudin, S.Th.I, M.A. : Strategi Komunikasi Radio Brass FM dalam Mempertahankan Loyalitas Pendengar di Wilayah Kediri, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Radio, Mempertahankan Loyalitas Pendengar Informasi merupakan kebutuhan masyarakat saat ini. Individu dapat memperoleh data/informasi yang mereka butuhkan dari berbagai media. Bisa jadi dari koran, majalah, TV, radio, dan yang saat ini menjadi tren adalah melalui internet. Di sisi lain, kehadiran internet/web telah menggeser kehadiran media yang lain. Salah satu yang paling terpengaruh adalah radio Brass FM. Radio Brass FM merupakan salah satu radio yang masih sangat terkenal di wilayah Kediri. Radio Brass FM memiliki cara yang inovatif dan diharapkan untuk mengikuti keberadaan radio mengatasi persaingan dengan media yang berbeda dan dengan rekan radio lainnya. Berdasarkan dari gambaran tersebut fokus penelitian yang dikaji adalah : 1) Bagaimana strategi komunikasi Radio Brass FM dalam mempertahankan loyalitas pendengar di wilayah Kediri? 2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pendengar Radio Brass FM di wilayah Kediri? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Data utama diperoleh dari para informan yakni sembilan informan yang merupakan manager, penyiar dan pendengar radio Brass FM, sedangkan data-data tambahan diperoleh dari buku, skripsi, jurnal dan pemberitaan media massa. Analisa data dilakukan dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Dalam mengupas penelitian ini, peneliti menggunakan teori komunikasi Harold D. Lasswell dan teori Uses and Gratifications. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Strategi komunikasi Radio Brass FM dalam mempertahankan loyalitas pendengar adalah dengan cara strategi komunikasinya disesuaikan, pastinya sesuai dengan kalangan muda, diberikan informasi-informasi ter-update dan terbaru, tips-tips menarik, lagu-lagu terbaru sekaligus membuat terobosan-terobosan yaitu dengan dibukanya perekrutan penyiar tamu untuk siswa-siswi SMA dan mahasiswa di wilayah Kediri. Kemampuan dan keberhasilan tidak lepas dari peran seorang penyiar dan manager dalam kerja satu tim karena mereka merupakan faktor yang membuat Radio Brass FM semakin eksis. Di balik itu juga didukung media online meliputi jejaring sosial seperti Whatsapp, Facebook dan Instagram. Media online sangat mendukung dalam strategi komunikasi yang dijalankan oleh Radio Brass FM. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Loyalitas Pendengar Radio Brass FM yaitu dengan adanya komunikasi interpersonal dari seorang penyiar dan juga pendengar seperti teman atau penyiar yang se frekuensi, akhirnya pendengar dapat curhat sepuasnya sekaligus banyaknya lagu yang ter update ( kekinian ) yang membuat pendengar puas dengan lagu tersebut dan pastinya sesuai di kalangan anak muda jaman sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: DIONESIA LINDASARI
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:32
Last Modified: 19 Jan 2022 04:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3191

Actions (login required)

View Item View Item