Implementasi Kurikulum Pondok Pesantren Sebagai Penguat Kurikulum Kementarian Agama Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa(Studi Kasus Di Mts Hidayatus Sholihin Turus)

Khoiriyah, Putri Alifatul (2021) Implementasi Kurikulum Pondok Pesantren Sebagai Penguat Kurikulum Kementarian Agama Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa(Studi Kasus Di Mts Hidayatus Sholihin Turus). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932135217_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932135217_BABI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
932135217_BABII.pdf

Download (383kB)
[img] Text
932135217_BABIII.pdf

Download (652kB)
[img] Text
932135217_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
932135217_BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
932135217_BABVI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
932135217_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932135217_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
932135217_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK PUTRI ALIFATUL KHOIRIYAH. Dosen Pembimbing Dr. ANIS HUMAIDI, M.Ag, dan M. BIK MUHTARUDDIN, M.Th.I, Implementasi Kurikulum Pondok Pesantren sebagai Penguat Kurikulum Kementerian Agama dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di MTs Hidayatus Sholihin Turus), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci: Implementasi Kurikulum, Integrasi Kurikulum, Prestasi Belajar Keberadaan pondok pesantren mulai diakui dan mendapatkan kepercayaan masyarakat dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017, tentang penguatan pendidikan karakter. Terlebih akhir-akhir ini Indonesia dilanda krisis karakter cukup menyedihkan, menjadikan keberadaan pendidikan Agama dirasa sangat penting untuk membekali generasi muda Indonesia. Melihat perkembangan pondok pesantren dan iptek yang pesat, banyak yayasan pondok pesantren yang mengembangkan lembaganya menjadi pendidikan formal, namun tetap mengintegrasikan dasar ilmu di pesantren yang menjadi tonggak sejarah berdirinya lembaga. Integrasi dua kurikulum pada satu waktu memiliki tantangan khusunya salah satu kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum pesantren yang berbasis bahasa Arab atau kitab kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum pondok pesantren dan kurikulum Kementerian Agama, dampak penerapan kurikulum pondok pesantren terhadap kurikulum Kementerian Agama dalam segi prestasi belajar siswa, dan pengaruh penerapan integrasi kurikulum terhadap prestasi belajar siswa di MTs Hidayatus Sholihin. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods yaitu mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif terkait konsep, proses dan dampak integrasi kurikulum dari kepala sekolah, guru, dan siswa, kemudian dilanjut dengan mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif terkait integrasi kurikulum dan hasil prestasi belajar siswa melalui kegiatan wawancara, observasi, dokumentasi dan menyebar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pondok pesantren di MTs Hidayatus Sholihin keberadaannya berperan sebagai penguat dari kurikulum Kementerian Agama. Sistem pelaksanaan kurikulum pondok pesantren dijalankan secara berdampingan mengikuti sistem pelaksanaan kurikulum Kementerian Agama. Keberadaan kurikulum pondok pesantren di MTs Hidayatus Sholihin juga memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar siswa pada kurikulum nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum pondok pesantren mampu mendukung prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI kurikulum Kementerian Agama, dibuktikan dengan unggulnya nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kurikulum Kementerian Agama dari pada kurikulum pondok pesantren. Hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh yang signifikan integrasi kurikulum terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,353. Angka ini memberikan makna bahwa integrasi kurikulum berpengaruh sebesar 35,3% terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan 64,7% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Alifatul Khoiriyah
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:03
Last Modified: 18 Jan 2022 05:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3172

Actions (login required)

View Item View Item