Strategi Sekolah Inklusi Dalam Membentuk Sikap Spiritual Siswa Berkebutuhan Khusus Di SMKN 1 Ngasem Kabupaten Kediri

Zamzamy, Risna (2020) Strategi Sekolah Inklusi Dalam Membentuk Sikap Spiritual Siswa Berkebutuhan Khusus Di SMKN 1 Ngasem Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932139416 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932139416 bab1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932139416 bab2.pdf

Download (450kB)
[img] Text
932139416 bab3.pdf

Download (176kB)
[img] Text
932139416 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
932139416 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
932139416 bab6.pdf

Download (85kB)
[img] Text
932139416 daftar pustaka.pdf

Download (304kB)
[img] Text
932139416 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui strategi sekolah dalam membentuk sikap spiritual siswa berkebutuhan khusus. 2) untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembentukan sikap spiritual di SMKN 1 Ngasem Kabupaten Kediri. 3) mengetahui solusi untuk mengatasi hambatan dalam pembentukan sikap spiritual siswa berkebutuhan khusus. Jenis penelitian merupakan kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian lapangan (field research). Pengambilan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: 1) strategi sekolah dalam membentuk sikap spiritual siswa berkebutuhan khusus dilakukan dengan 4 cara yakni dengan pendekatan individu, melakukan pembiasaan, pemberian pengalaman langsung dan pemberian keteladanan. Hal tersebut diimplementasikan selain dalam pembelajaran Pendidikan agama islam juga melalui program kegiatan keagamaan. 2) Faktor pendukungnya yaitu adanya kerjasama dari seluruh elemen di sekolah serta orang tua siswa dengan menciptakan budaya dan lingkungan yang positif, keterlibatan guru pembimbing khusus dalam berbagai situasi, dan kesadaran yang timbul dari dalam diri siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa. 3) solusi untuk mengatasi hambatan dalam pembentukan sikap spiritual siswa berkebutuhan khusus dengan menjalin komunikasi dengan orang tua siswa dan seluruh elemen yang ada disekolah serta menyebar siswa inklusi kesemua kelas sesuai jurusannya dengan maksimal 5 anak inklusi disetiap kelasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:00
Last Modified: 13 Jan 2022 04:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3088

Actions (login required)

View Item View Item