Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Inklusi (Studi Kasus Di SMk Negeri 1 Ngasem Kediri)

Khasanah, Kotimatul (2020) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Inklusi (Studi Kasus Di SMk Negeri 1 Ngasem Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932136116 prabab.pdf

Download (983kB)
[img] Text
932136116 bab1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932136116 bab2.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932136116 bab3.pdf

Download (117kB)
[img] Text
932136116 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
932136116 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
932136116 bab6.pdf

Download (101kB)
[img] Text
932136116 daftar pustaka.pdf

Download (101kB)
[img] Text
932136116 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan inklusi adalah pendidikan yang tidak diskriminatif dengan kata lain pendidikan yang memberikan layanan yang terbaik tanpa memandang kondisi dari peserta didik, semua peserta didik belajar bersama-sama, baik di kelas sekolah formal maupun nonformal yang berada di tempat tinggalnya yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing peserta didik. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana pola pembelajaran anak berkebutuhan khusus di SMK Negeri 1 Ngasem Kediri? 2) Bagaimana metode pembelajaran PAI pada kelas inklusi di SMK Negeri 1 Ngasem Kediri? 3) Bagaimana sistem evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus di SMK Negeri 1 Ngasem Kediri?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pola pembelajaran anak berkebutuhan khusus mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Ngasem Kediri 2) mengetahui metode pembelajaran PAI pada kelas inklusi di SMK Negeri 1 Ngasem Kediri 3)mengetahui sistem evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Ngasem Kediri Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan lokasi penelitianya di SMK Negeri 1 Ngasem Kediri. Data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis data model Miles & Huberman melalui tiga kegiatan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini hasilnya 1) pola pembelajaran siswa inklusi pada mata pelajaran PAI yaitu menggunakan 3 pola pembelajaran diantaranya, pola pembelajaran bersama tanpa ada pendampingan khusus tetapi tetap dipantau dari hasil belajar, pendampingan sesekali yaitu untuk siswa yang masih mengalami kesulitan tetapi sudah bisa mengikuti pembelajaran dan untuk pendampingan penuh yaitu siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan sulit untuk beradaptasi dengan teman-temannya. 2) metode pembelajaran menggunakan tutor sebaya dan diskusi yang diamana temannya yang kemampuannya lebih bisa membantu temannya yang belum paham akan materi pembelajaran 3) sistem evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan 2 aspek yaitu aspek akademik dan non-akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:39
Last Modified: 11 Jan 2022 00:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3071

Actions (login required)

View Item View Item