Upaya Wali Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Emosional Di MA Ma’arif NU Kota Blitar

Puspitasari, Nadzila (2020) Upaya Wali Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Emosional Di MA Ma’arif NU Kota Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932135216 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932135216 bab1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932135216 bab2.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932135216 bab3.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932135216 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
932135216 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
932135216 bab6.pdf

Download (148kB)
[img] Text
932135216 daftar pustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932135216 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberi arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Dengan adanya suntikan motivasi dari guru maka itu merupakan langkah awal untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa di sekolah, karena pemberian motivasi merupakan salah satu unsur kejiwaan yang terdapat pada diri setiap individu untuk membangkitkan semangat dan minat belajar secara aktif.. Hal ini diterapkan oleh wali kelas XI –F MA Ma‟arif NU Kota Blitar dimana dalam upaya meingkatkan motivasi belajar siswanya beliau menggunakan pendekatan emosional. Sesuai dengan fokus penelitian yang akan dikaji disini adalah : 1) Bagaimana motivasi belajar siswa di MA Ma‟arif NU Kota Blitar? 2)Bagaimana cara wali keals untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan emosionaldi MA Ma‟arif NU Kota Blitar? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di MA Ma‟arif NU Kota Blitar. 2) Untuk mengetahui cara wali keals untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan emosional di MA Ma‟arif NU Kota Blitar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar di MA Ma‟arif NU Kota Blitar. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata atau keterangan informan. Sedangkan sumber data diperoleh dari wawancara kepada pihak-pihak terkait. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan empat cara, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data atau memferivikasi. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan ketekuanan pengamatan dan melakukan teknik triagulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Tingkat motivasi belajar siswa kelas XI-F MA Ma‟arif NU Kota Blitar relatif tinggi. 2) cara yang dignakan wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI-F MA Ma‟arif NU Kota Blitar ada 3, yaitu: satu, Keterbukaan antara wali kelas/guru dengan siswa. Dua saling menjaga hubungan baik antara wali kelas/guru dengan siswa maupun antar siswa. Tiga, memberikan kebebasan dan kepercayaan untuk berkreativitas kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:39
Last Modified: 11 Jan 2022 00:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3070

Actions (login required)

View Item View Item