Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Visual Di SMAN 6 Kediri

Akhmadi, David (2020) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Visual Di SMAN 6 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131314 prabab.pdf

Download (925kB)
[img] Text
932131314 bab1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932131314 bab2.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932131314 bab3.pdf

Download (110kB)
[img] Text
932131314 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
932131314 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
932131314 bab6.pdf

Download (86kB)
[img] Text
932131314 daftar pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] Text
932131314 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju memudahkan peserta didik dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Tidak hanya berinteraksi secara nyata, tetapi dunia maya atau jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, yahoo, mesengger, dan lain-lain yang mampu memberikan dampak dan pengaruh besar bagi peserta didik. Kurangnya pengawasan dari orang tua dan guru bisa membuat peserta didik melakukan kegiatan yang menyimpang, seperti tawuran, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, seks bebas dan yang lainnya. Oleh karena itu pembentukan religiusitas sangatlah penting untuk diaplikasikan dalam dunia pendidikan agar dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya keshalehan peserta didik. Untuk itu peneliti memfokuskan penelitian pada: 1). Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Visual, 2). Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Visual, 3). Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Visual. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus, dalam penelitian ini kehadiran peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Sumber data penelitian ini adalah Guru Pendidikan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1). Untuk proses perencanaan pembelajaran yang ada di sekolah SMAN 6 Kediri adanya komunikasi antara kepala sekolah guru dan waka kurikulum, dalam menyusun perangkat pembelajaran. 2). Adapun pelaksanaan pembelajaran yang ada di SMAN 6 Kediri Siswa ditugaskan membuat video menggunakan alat perekam yang berkenaan dengan pembelajaran. 3). Dalam evaluasi pembelajaran media visual yang di lakukan di SMAN 6 Kediri di antaranya mengevaluasi di setiap akhir pembelajaran, perlunya guru untuk berkreasi dalam membuat media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 07 Jan 2022 00:28
Last Modified: 07 Jan 2022 00:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3057

Actions (login required)

View Item View Item