Pengaruh Intensitas Mengikuti Ekstrakulikuler Kerohanian Islam Dan Pendidikan Keagamaan Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Smk Al-Husna Loceret Nganjuk

Hasim, Akmat Ibnu (2020) Pengaruh Intensitas Mengikuti Ekstrakulikuler Kerohanian Islam Dan Pendidikan Keagamaan Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Smk Al-Husna Loceret Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123116 prabab.pdf

Download (904kB)
[img] Text
932123116 bab1.pdf

Download (463kB)
[img] Text
932123116 bab2.pdf

Download (372kB)
[img] Text
932123116 bab3.pdf

Download (287kB)
[img] Text
932123116 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text
932123116 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
932123116 bab6.pdf

Download (121kB)
[img] Text
932123116 daftar pustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932123116 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku keagamaan merupakan suatu keadaan yang ada dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk bertingkah laku sesuai dengan kadar ketaatan terhadap agama. Perilaku keagamaan dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Eksternal salah satunya ekstrakulikuler rohis. Ekstrakulikuler Rohis yaitu kegiatan yang tujuannya untuk menunjang dan membantu meningkatkan suatu pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan memperluas cara berfikir siswa. Selain itu lingkungan keluarga juga dapat mempengaruhi perilaku keagamaan siswa, karena lingkungan keluarga adalah pendidikan dasar bagi anak untuk membentuk jiwa keagamaan anak. Peneliti ini bermaksud untuk mengetahui seberapa besar perilaku keagamaan siswa di SMK Al-Husna. 1) Untuk Mengetahui Intensitas Mengikuti Ekstrakulikuler Rohani Islam. 2) Untuk Mengetahui Pendidikan Keagamaan Dalam Keluarga. 3) Untuk Mengetahui Perilaku Keagamaan siswa. 4) Untuk Mengetahui Pengaruh Intensitas Mengikuti Ekstrakulikuler Rohani Islam siswa terhadap Perilaku Keagamaan siswa. 5)Untuk Mengetahui pengaruh Pendidikan keagamaan dalam keluarga terhadap Perilaku Keagamaan siswa. 6) Untuk Mengetahui pengaruh Intensitas Mengikuti Ekstrakulikuler Rohani Islam dan Pendidikan keagamaan dalam keluarga terhadap Perilaku Keagamaan siswa SMK Al-Husna Loceret Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi penelitian berada di SMK AL-HUSNA, dengan jumlah sampel sebanyak 105 siswa kelas XI. Pengambilan sampel menggunakan jenis simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Intensitas Mengikuti Ekstrakulikuler Kerohanian Islam nilai mean sebesar 98,22 dikategorikan Sangat Tinggi. 2) Pendidikan Keagamaan dalam Keluarga nilai mean sebesar 99,97 dikategorikan Sangat Tinggi. 3) Perilaku keagamaan nilai mean sebesar 100,91 dikategorikan Sangat Tinggi. 4) Nilai pengaruh intensitas mengikuti ekstrakulikuler rohani islam terhadap perilaku keagamaan adalah sebesar 29,5%. 5) Nilai pengaruh pendidikan keagamaan dalam keluarga terhadap perilaku keagamaan adalah sebesar 47,2%. 6) Hal Ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh intensitas mengikuti ekstrakulikuler rohani islam dan pendidikan Keagamaan dalam keluarga terhadap perilaku keagaman siswa di SMK Al-Husna Loceret Nganjuk sebesar 51,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:51
Last Modified: 30 Dec 2021 02:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3020

Actions (login required)

View Item View Item