Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Di SMA Pawyatan Daha Kediri

Azizi, Ach. Bagus Asharun (2020) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Di SMA Pawyatan Daha Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122116 prabab.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932122116 bab1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
932122116 bab2.pdf

Download (282kB)
[img] Text
932122116 bab3.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932122116 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
932122116 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
932122116 bab6.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932122116 daftar pustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932122116 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)

Abstract

Terlihat jelas di SMA Pawyatan Daha sendiri siswa siswinya masih kurang memiliki sikap spiritual dan sosial. Maka dari itu, guru Pendidikan Agama Islam berupaya untuk menanamkan sikap spiritual dan sosial pada siswa dan siswinya untuk di terapkan di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Berdasarkan latar belakang di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Sikap Spiritual Dan Sosial Di SMA Pawyatan Daha Kediri”. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun sikap spiritual dan sosial siswa di SMA Pawyatan Daha Kediri 2) Apa saja faktor – faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun sikap spiritual dan sosial siswa di SMA Pawyatan Daha Kediri 3) Apa saja kegiatan agama dan kegiatan sosial di SMA Pawyatan Daha Kediri Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi. Menganalisa data dengan menggunakan deskriptif kualitaif yaitu berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari seseorang yang terlibat dalam penelitian ini (informan), serta perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya guru membangun sikap spiritual dan sikap sosial 1) Melaksanakan sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah, 2) Mengadakan kegiatan pondok ramadhan dan membaca Al – Qur’an, 3) Menerepkan kebiasaan 5 S (salam, senyum, sapa, sopan dan santun), 4) Menghormati orang lain yang beribadah sesuai dengan agamanya, 5) Menjaga lingkungan di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat. Faktor pendukung dan penghambat guru dalam membangun sikap spiritual dan sikap sosial 1) Kemauan dan kesadaran siswa, 2) Rasa tanggung jawab guru Pendidikan Agama Islam, 3) Pergaulan siswa, 4) Sarana prasarana 5) Latar Belakang Keluarga, 6) Latar Belakang Masyarakat, 7) Kurangnya kerja sama antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru mata pelajaran umum 8) Pengaruh teknologi. Kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial yang ada di sekolah 1) Shalat Dhuha, 2) Shalat Dzuhur, 3) Shalat Jumat, 5) Infaq, 6) Istighosah, 7) Melibatkan peserta didik langsung dalam proses pembagian daging kurban saat perayaan hari raya Idul Adha, 8) Siswa diikut sertakan dalam kegiatan pembagian zakat, 9) Kegiatan 1 Muharram yakni Santunan yang mana pada kegiatan ini guru dan siswa diharuskan menyisihkan hartanya untuk diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:50
Last Modified: 30 Dec 2021 02:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3015

Actions (login required)

View Item View Item