Upaya Guru Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Penerapan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah (SKUA) Di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri

Mahmudah, Alif Binti (2020) Upaya Guru Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Penerapan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah (SKUA) Di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119216 prabab.pdf

Download (745kB)
[img] Text
932119216 bab1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932119216 bab2.pdf

Download (270kB)
[img] Text
932119216 bab3.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932119216 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
932119216 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
932119216 bab6.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932119216 daftar pustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932119216 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru sebagai tenaga pendidik mempunyai tujuan yaitu dalam kegiatan belajar disekolah adalah dengan menciptakan kedisiplinan siswa, dalam penerapan SKUA di MTs Al-Muttaqin cukup banyak siswa yang cenderung memiliki karakter kurang disiplin yang dilatar belakangi oleh karakter siswa yang nakal, kurangnya kesadaran, pemalas. Dengan demikian guru berupaya semaksimal mungkin untuk mendisiplinkan siswa dalam penerapan SKUA. Adapun fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana cara guru meningkatkan kedisiplinan siswa dalam pelaksanaan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakhul Karimah (SKUA) di MTs Al-Muttaqin? (2) Bagaimana hambatanhambatan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses penerapan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakhul Karimah (SKUA) di MTs Al- Muttaqin? (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses penerapan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakhul Karimah (SKUA)di MTs Al-Muttaqin? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dipusatkan pada upaya guru dalam mendisiplinkan siswa dalam penerapan SKUA. Data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh dilakukan analisis data menggunakan 3 cara yakni reduksi data, sajian data dan simpulan data. Untuk pengecakan keabsahan data dengan metode perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi, pemerikasaan sejawat dan bahan referensi. Hasil yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Cara guru meningkatkan kedisiplinan siswa dalam penerapan SKUA melalui metode keteladanan, pembiasaan, hukuman, pengajaran, dan fasilitas yang mendukung guna meningkatkan motivasi siswa agar disiplin, 2) Hambatan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa dalam penerapan SKUA terdapat hambatan yaitu berasal dari lingkungan masyarakat, keluarga, keterbatasan fasilitas dan waktu pelaksanaan yang tidak efektif, 3) Solusi untuk mengatasi hambatan maka guru sebagai pembimbing, mengawasi, teladan, pengendali, peran orang tua dirumah memberikan bimbingan dan motivasi, orang tua sebagai teladan, pembiasaan disiplin dirumah, sekolah memperbaiki fasilitas dan pembuatan jadwal program SKUA yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:11
Last Modified: 27 Dec 2021 02:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3002

Actions (login required)

View Item View Item