Hubungan Antara Prestasi Belajar Akidah Akhlak Dengan Perilaku Dalam Menghormati Guru Oleh Siswa Kelas VIII Di MTs Sunan Ampel Siman Kepung Kediri

Jannah, Irma Roikhatul (2020) Hubungan Antara Prestasi Belajar Akidah Akhlak Dengan Perilaku Dalam Menghormati Guru Oleh Siswa Kelas VIII Di MTs Sunan Ampel Siman Kepung Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119215 prabab.pdf

Download (542kB)
[img] Text
932119215 bab1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
932119215 bab2.pdf

Download (511kB)
[img] Text
932119215 bab3.pdf

Download (525kB)
[img] Text
932119215 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
932119215 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
932119215 bab6.pdf

Download (163kB)
[img] Text
932119215 daftar pustaka.pdf

Download (393kB)
[img] Text
932119215 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)

Abstract

Tercapainya tujuan pengajaran salah satunya dapat dilihat dari prestasi belajar yang diraih siswa. Dengan prestasi yang tinggi, para siswa mempunyai indikasi berpengetahuan yang baik. Ini berarti bahwa keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan bergantung kepada seberapa efektif suatu proses pembelajaran di sekolah. Lili Sriyanti mengatakan bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal berupa faktor sosial dan nonsosial. Sedangkan dalam faktor internal terdapat faktor fisiologis dan psikologis. Dalam faktor psikologis terdapat sikap yang dapat mempengaruhi prestasi belajar tersebut. Bagaimana sikap murid terhadap guru ini juga mempengaruhi belajarnya. Murid yang benci terhadap gurunya tidak akan lancar belajarnya. Sebaliknya apabila murid suka pada gurunya tentu akan membantu belajarnya. Perilaku siswa memiliki peranan yang penting karena akan menjadi penggerak siswa bertindak, jika siswa berperilaku positif kepada guru, maka tindakan yang muncul juga lebih positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian deskriptif asosiatif atau hubungan. Analisis data yang digunakan adalah penelitian korelasi sederhana dan korelasi ganda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, observasi, prestasi belajar Akidah Akhlak dengan perilaku dalam menghormati guru. Dalam penelitian ini populasi siswa Mts Sunan Ampel Siman Kepung Kediri sebanyak 396 siswa dengan sampel kelas VIII sebanyak 137 siswa. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu a)Hasil Prestasi Belajar Akidah Akhlak di MTs Sunan Ampel Siman Kepung Kediri tergolong sedang dengan jumlah 54 siswa dengan persentase 39%, b) Perilaku dalam menghormati guru oleh siswa kelas VIII MTs Sunan Ampel Siman Kepung Kediri kategori cukup berjumlah 57 siswa dengan persentase 42%. c) Terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar akidah akhlak dengan perilaku dalam menghormati guru oleh siswa kelas VIII MTs Sunan Ampel Siman Kepung Kediri nilai koefisien korelasi menunjukkan R= 0,261 menandakan bahwa tingkat hubungan keduanya adalah lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:10
Last Modified: 27 Dec 2021 02:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item