Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Program Adiwiyata Di SMA Negeri I Tanjunganom Tahun Ajaran 2019-2020

Mubaarok, Dzanu Yulhaq Al (2020) Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Program Adiwiyata Di SMA Negeri I Tanjunganom Tahun Ajaran 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117014 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932117014 bab1.pdf

Download (526kB)
[img] Text
932117014 bab2.pdf

Download (780kB)
[img] Text
932117014 bab3.pdf

Download (495kB)
[img] Text
932117014 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
932117014 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
932117014 bab6.pdf

Download (131kB)
[img] Text
932117014 daftar pustaka.pdf

Download (359kB)
[img] Text
932117014 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pelestarian lingkungan menjadi hal yang harus diperhatikan mengingat kerusakan lingkungan banyak terjadi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan dan cara pandang dalam menangani kerusakan lingkungan adalah melalui pendidikan. Pendidikan Lingkungan Hidup dalam hal ini disebut program Adiwiyata harus diintegrasikan dengan semua pelajaran. Salah satunya yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Seluruh aktivitas dalam pembelajaran PAI harus diarahkan pada penanaman karakter siswa yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan hidupnya. Salah satu sekolah yang menerapkan program Adiwiyata adalah SMAN 1 Tanjunganom. Di sekolah tersebut siswa diberi ilmu atau pengetahuan yang bersifat umum mengenai lingkungan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Tanjunganom?, (2) Bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Tanjunganom?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang di dapatdari respoden secara langsung dan data sekunder dari beberapa dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya adalah 1) reduksi data, 2) paparan data, 3) penarikan kesimpulan dan verivikasi. Pengecekan keabbsahan data menggunakan beberapa teknik yaitu 1) perpanjangan keikutsertaan, 2) ketekunan pengamatan, dan 3 ) trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Tanjunganom diantaranya, pengembangan program sekolah yang berwawasan lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan pengembangan kegiatan berbasis partisipatif (kegiatan bank sampah, kegiatan jumat bersih, kegiatan pemanfaatan lahan kosong), dan pengembangan dan pengelolaan sarana pendukung sekolah berwawasan lingkungan. 2) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam program Adiwiyata diterapkan dalam beberapa kegiatan yaitu implementasi Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan bank sampah yang sesuai dengan materi PAI tentang sikap mandiri dan disiplin, implementasi Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan jumat bersih yang sesuai dengan materi PAI tentang sikap jujur, tanggungjawab, dan bekerja sama dalam kebaikan, serta implementasi Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan pemanfaatan lahan kosong sesuai dengan materi PAI tentang manusia sebagai kholifah dan akhlak terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:07
Last Modified: 27 Dec 2021 02:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2992

Actions (login required)

View Item View Item