Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kerohanian Islam Di Smk Negeri 1 Ngasem

Listia, Ninda (2020) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kerohanian Islam Di Smk Negeri 1 Ngasem. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111316 prabab.pdf

Download (689kB)
[img] Text
932111316 bab1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
932111316 bab2.pdf

Download (488kB)
[img] Text
932111316 bab3.pdf

Download (447kB)
[img] Text
932111316 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
932111316 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
932111316 bab6.pdf

Download (316kB)
[img] Text
932111316 daftar pustaka.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932111316 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian yang digunakan adalah (1) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kerohanian Islam di SMK Negeri 1 Ngasem. (2) Faktor penghambat Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kerohanian Islam di SMK Negeri 1 Ngasem. (3) Faktor pendukung Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kerohanian Islam di SMK Negeri 1 Ngasem. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitataif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Guru PAI, dan perwakilan siswa terkait upaya yang dilakukan oleh Guru PAI dalam menanamkan karakter religius yang melalui kerohanian Islam. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan upaya menanamkan karakter religius melalui kerohanian Islam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui Kerohanian Islam di SMK Negeri 1 Ngasem adalah: mengadakan kegiatan kajian Islam, mengadakan khataman Al-qur’an, memperingati hari besar Islam (PHBI), mengadakan tadabur alam, wajib sholat jum’at di sekolah, membaca Al-qur,an dan surat-surat pendek sebelum melaksanakan pembelajaran dikelas, guru selalu menggunakan metode pembelajaran yang mudah dipahami pseserta didik, selalu memberikan wejangan atau motivasi kepada para peserta didiknya, dan mengadakan pondok romadhon. Faktor penghambat dan pendukung Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui Kerohanian Islam di SMK Negeri 1 Ngasem adalah: (2)Faktor penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya menanamkan karakter religius peserta didik melalui kerohanian Islam adalah: kurangnya fasilitas yang berhubungan dengan sarana prasarana, kesadaran dari peserta didik yang kurang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, pengaruh dari lingkungan keluarga, dan kurangnya kerjasama antar guru. (3)Faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya menanamkan karakter religius peserta didik melalui kerohanian islam adalah: adanya fasilitas tempat ibadah, adanya dukungan dari pihak sekolah, dan saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam guru tidak hanya menyampaikan materi saja melainkan memberikan motivasi, wejangan ataupun pengalaman yang bisa diambil hikmahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:08
Last Modified: 22 Dec 2021 04:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2975

Actions (login required)

View Item View Item