Peran Guru Dalam Menin Gkatkan Pemahaman Materi Ḥaid Melalui Pembelajaran Kitab Risālatul-Maḥīḍ Di Madin Taswirul Afkhar Kemuning - Gur Ah

Sari, Lailla Sintiya Fidiyah (2020) Peran Guru Dalam Menin Gkatkan Pemahaman Materi Ḥaid Melalui Pembelajaran Kitab Risālatul-Maḥīḍ Di Madin Taswirul Afkhar Kemuning - Gur Ah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110716 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932110716 bab1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
932110716 bab2.pdf

Download (407kB)
[img] Text
932110716 bab3.pdf

Download (257kB)
[img] Text
932110716 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
932110716 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
932110716 bab6.pdf

Download (168kB)
[img] Text
932110716 daftar pustaka.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932110716 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu langkah yang di ambil oleh guru dalam meningkatkan pemahaman siswi yakni materi ḥaid dengan memberikan pembelajaran kitab Risālatul-Maḥ ḍ sebagai bahan pembelajaran. Didalam skripsi ini membahas tentang Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Ḥaid Melalui Pembelajaran Kitab Risālatul-Maḥ ḍ Di Madin Taswirul Afkhar Kemuning – Gurah. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaiamana pelaksanaan pembelajaran kitab Risālatul-Maḥ ḍ dalam meningkatkan pemahaman materi ḥaid di Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning Gurah? 2) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan pemahaman materi ḥaid melalui pembelajaran Kitab Risālatul- Maḥ ḍ di Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning Gurah? 3) Bagaimana tingkat pemahaman materi ḥaid pada siswi melalui pembelajaran kitab Risālatul- Maḥ ḍ di Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning Gurah? Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning Gurah. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kitab Risālatul-Maḥ ḍ, kepala Madin, serta beberapa siswi Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning Gurah. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, 1) Proses pelaksanaan pembelajaran kitab Risālatul-Maḥ ḍ materi ḥaid menggunakan metode bandongan, metode sorogan, metode ceramah, penugasan, dan diselingi dengan pemberian contoh serta tanya jawab. 2) Peran guru dalam meningkatkan pemahaman materi ḥaid melalui pembelajaran kitab Risālatul-Maḥ ḍ di Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning Gurah yaitu : pemberian metode bandongan, metode sorogan, metode ceramah, tanya jawab, penugasan serta pemberian lembaran fotokopi jadwal sholat yang wajib dikerjakan saat berhentinya ḥaid untuk ditempelakan disetiap di kamar siswi agar semakin paham. 3) Tingkat pemahaman materi ḥaid pada siswi melalui pembelajaran kitab Risālatul-Maḥ ḍ di Madrasah Diniyah Taswirul Afkhar Kemuning Gurah menunjukkan bahwa hasil yang baik, yang mana siswa sebelumnya kurang memahami terkait materi-materi ḥaid, dengan menggunakan kitab tersebut mejadikan siswa lebih memahami matei yang disampaikan, dan pemahaman siswa masuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:07
Last Modified: 22 Dec 2021 04:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2973

Actions (login required)

View Item View Item