Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-AK 1 Dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Ahmad Yani Gurah Kediri 2019/2020

Amin, Muhammad Rizqi Al (2020) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-AK 1 Dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Ahmad Yani Gurah Kediri 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109915 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932109915 bab1.pdf

Download (419kB)
[img] Text
932109915 bab2.pdf

Download (438kB)
[img] Text
932109915 bab3.pdf

Download (330kB)
[img] Text
932109915 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
932109915 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
932109915 bab6.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932109915 daftar pustaka.pdf

Download (203kB)
[img] Text
932109915 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses pembelajaran peserta didik yang direncanakan agar peserta didik dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran. Salah satu aspek penting yang mendukung dalam proses pencapaian tujuan pendidikan adalah penggunaan strategi pembelajaran yang sesuai. Metode demonstrasi ialah metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki perserta didik setelah mereka menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar peserta didik pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku. Maka dari itu guru melakukan upaya perbaikan hasil belajar dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana langkah-langkah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Ahmad Yani Gurah Tahun Ajaran 2019/2020. 2). Bagaimana hasil penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Ahmad Yani Tahun Ajaran 2019/2020 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dari penelitain ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1). Langkah-langkah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Ahmad Yani Gurah Tahun Ajaran 2019/2020 a). Mempersiapkan peralatan praktik yang akan digunakan untuk pelakasanaan. b). Pendidik memberikan materi yang disampaikan dikuatkan dengan teori-teori. c). Memberikan arahan kepada peserta didik dengan mempraktikan secara langsung, d). Pendidik memberikan suasana yang nyaman untuk menghindari ketegangan siswa waktu praktik berlangsung. 2). Hasil penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Ahmad Yani Tahun Ajaran 2019/2020 a). Nilai akademik siswa yang menjadi lebih meningkat dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Dec 2021 10:15
Last Modified: 21 Dec 2021 10:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2968

Actions (login required)

View Item View Item