Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kemampuan Baca Tulis Quran Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Kota Kediri

Afifah, Dwi As Alul (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kemampuan Baca Tulis Quran Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106816 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106816 bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106816 bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106816 bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106816 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932106816 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB)
[img] Text
932106816 bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932106816 daftar pustaka.pdf

Download (988kB)
[img] Text
932106816 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan baca tulis merupakan kesanggupan membaca serta menulis Al- Quran sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. Di SMPN 3 siswa kelas VIII kemampuan membaca dan menulisnya masih kurang baik dan masih minim. Faktor yang mempengaruhi baca tulis Quran adalah kecerdasan emosional yaitu kecerdasan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya, dan kecerdasan spiritual adalah perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas. Merujuk pada hal tersebut tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dengan kemampuan baca tulis Quran, 2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kemampuan baca tulis Quran, 3) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual terhadap kemampuan baca tulis Quran siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa–siswi kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Kediri berjumlah 321 dan sampel berjumlah 167 diambil melalui tehnik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional, angket kecerdasan spiritual dan hasil nilai tes lisan dan tulis. Analisis data menggunakan analisis uji regresi sederhana, dan uji regresi linear berganda . Hasil penelitian dapat disimpulkan, yaitu : 1) ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan baca tulis Quran dengan koefisien korelasi sebesar 0,511 sedangkan koefisien detreminasi sebesar 26,1% maka Ho ditolak dan Ha diterima 2) ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kemampuan baca tulis Quran dengan koefisien korelasi sebesar 0,548 sedangkan koefisien determinasi sebesar 30,1% maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) ada pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kemampuan baca tulis Quran koefisien korelasi (R) sebesar 0,564, sedangkan koefisien determinasi ( R Square ) sebesar 31,8%, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Maharat al-Kitabah (Writing Skill)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Dec 2021 10:07
Last Modified: 21 Dec 2021 10:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2961

Actions (login required)

View Item View Item