Peran Guru Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Siswa Di SMP Plus Ar Rahman Pesantren Kediri

Bonar, Johana Dewantara (2020) Peran Guru Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Siswa Di SMP Plus Ar Rahman Pesantren Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105513 prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932105513 bab1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932105513 bab2.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932105513 bab3.pdf

Download (162kB)
[img] Text
932105513 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
932105513 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
932105513 bab6.pdf

Download (134kB)
[img] Text
932105513 daftar pustaka.pdf

Download (118kB)
[img] Text
932105513 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada masa sekarang ini, peran keluarga mulai melemah dikarenakan perubahan sosial, politik dan budaya yang terjadi. Kebanyakan orang tua beranggapan dengan hanya memenuhi kebutuhan materi pada anak dirasa sudah cukup. Padahal anak bukan sebuah susunan materi seperti apa yang disuarakan oleh kaum materialisme yang berupa jasad belaka melainkan mereka punya potensi nurani yang harus dibina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMP ar-Rahman Kota Kediri. Fokus masalah yang akan dikaji adalah: 1) peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMP ar-Rahman Kota Kediri. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual (ES@O) siswa di SMP al-Rahman Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan dengan tahap persiapan, pelaksanaan, penyelesaian. Subjek penelitian adalah peran guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa peran guru di SMP ar-Rahman Kota Kediri dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual meliputi: pengembangan sikap konsistensi (istigomah), kerendahan hati (tawadu?), berusaha dan berserah diri (tawakkal), ketulusan (keikhlasan) serta integritas dan penyempurnaan (ihsan). Faktor pendukung sarana dan prasarana yang cukup memadai, serta lingkungan yang nyaman dan kondusif. Faktor penghambat terbatasnya waktu pertemuan, tidak adanya penilaian secara tertulis serta kurangnya motivasi dan perhatian dari orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy (Pendidikan Jasmani dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Dec 2021 10:02
Last Modified: 21 Dec 2021 10:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item View Item