Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin Pada Episode Tema Ramadan

Sulistiono, Muhammad Eko (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin Pada Episode Tema Ramadan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103516 prabab.pdf

Download (790kB)
[img] Text
932103516 bab1.pdf

Download (173kB)
[img] Text
932103516 bab2.pdf

Download (310kB)
[img] Text
932103516 bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
932103516 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
932103516 bab5.pdf

Download (84kB)
[img] Text
932103516 daftar pustaka.pdf

Download (75kB)
[img] Text
932103516 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA DALAM FILM KARTUN UPIN DAN IPIN PADA EPISODE RAMADAN,”. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) tertarik pada Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Nilai-nilai pendidika Islam apa saja yang terkandung dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadan. (2) Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). (3) Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi. (4) Analisis data penelitian digunakan adalah analisis isi (content analisys) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi, yang didokumentasikan dalam rekaman, baik dalam gambar, suara maupun tulisan.kemudian dilakukan interpretasi secara deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran dan penafsiran serta uraian tentang data yang telah terkumpul. Subyek penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadhan memiliki nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalamnya. Nilai- Nilai pendidikan yang termuat dalam film kartun Upin dan Ipin episode Ramadhan diantaranya adalah; 1) Nilai-nilai Pendidikan Ibadahyang meliputi, ibadah mahdhah dan nilai pendidikan ibadah sosial Kemasyarakatan.2) Nilai pendidikan yang bersifat universal meliputi, kedamaian, penghargaan, cinta, toleransi, tanggung jawab, kebahagiaan, kerjasama, kejujuran, kerendahan hati, kebebasan kesederhanaan, persatuan. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam : 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film kartun upin dan ipin pada episode tema Ramadan ini dapat dijadikan referensi orang tua maupun pendidik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak. 2) Seperti kedamaian, kejujuran, toleransi dan sebagainya. Bahasa lembut yang penuh kasih sayang dan cinta kasih yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadan dapat dijadikan teladan orang tua maupun para pendidik dalam proses pembelajaran. 3) Dampak Seorang anak membiasakan dengan mudah menjalankan apa yang diperintahkan oleh pendidik untuk mendidik sang pendidik tersebut memperlakukan seorang anak dengan penuh kasing sayang dan dengan bahasa yang lembut karena seorang anak akan merasa tersanjung dan merasa dihargai. 4) Film kartun ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi anak oleh karena itu orang tua ataupun guru (pendidik) baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Dec 2021 09:32
Last Modified: 21 Dec 2021 09:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2954

Actions (login required)

View Item View Item