Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Pada P.T Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri)

Afrendi, Aufan (2020) Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Pada P.T Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931329315 prabab.pdf

Download (482kB)
[img] Text
931329315 bab1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
931329315 bab2.pdf

Download (451kB)
[img] Text
931329315 bab3.pdf

Download (169kB)
[img] Text
931329315 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
931329315 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
931329315 bab6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
931329315 daftar pustaka.pdf

Download (215kB)
[img] Text
931329315 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)

Abstract

Kota Kediri adalah salah satu kota di Jawa Timur yang mayoritas penduduknya beragama Islam, maka dari itu untuk membantu menyempurnakan ibadahnya dalam hal keuangan, diperlukan pula lembaga keuangan yang berprinsipkan syariat Islam. Asuransi Bumiputera Syariah merupakan lembaga keuangan dibidang asuransi yang ada di kota Kediri dan beroperasi menurut syariat Islam, yaitu dengan menerapkan prinsip mudharabah (bagi hasil), dan pengelolaan dana nya juga transparan dan tidak ada unsur maysir (judi / untunguntungan), gharar (ketidakpastian), dan riba (penambahan). Dalam hal pemasaran produk asuransi syariah tidak lah mudah, maka diperlukan strategi yang dapat mendorong penjualan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dalam memperoleh data peneliti menerapkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpul data ini lebih bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang starategi pemasaran yang diterapkan oleh pihak asuransi Bumiputera Syariah Kediri. Sedangkan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dengan menggunakan tekhnik, yaitu : 1 kehadiran peneliti dilapangan, 2 ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1. Strategi pemasaran yang diterapkan, yaitu dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) 7P, yaitu product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Strategi produk dengan mengembangkan kualitas produk, akan tetapi, perlu adanya diversifikasi produk, strategi harga dengan menggunakan efisiensi harga dan cara bayar yang bervariasi, strategi tempat dengan menonjolkan sarana dan prasarana, sebaiknya lokasi kantor tidak berdekatan dengan AJB konvensional, strategi promosi dengan mempromosikan produk-produk yang dimiliki diberbagai lembaga dan instansi, strategi SDM yang diterapkan adalah dengan perekrutan karyawan yang cukup ketat, sehingga diperoleh SDM yang berkompeten dibidangnya, akan tetapi,jumlah karyawan yang berada dikantor masih sangat kurang, strategi proses nya tidak rumit dan memudahkan nasabah untuk memahaminya, strategi mengenai aspek bukti fisik juga sangat menarik dan mampu memberikan kesan nyaman kepada nasabahnya. 2. Tujuan dari strategi pemasaran yang digunakan tidak lain adalah untuk meningkatkan jumlah nasabah. Akan tetapi, jumlah nasabah justru mengalami penurunan. Hal ini, menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan belum sepenuhnya efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012713 Takaful (Islamic Insurance)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:37
Last Modified: 07 Dec 2021 01:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2908

Actions (login required)

View Item View Item