Struktur Kalimat dalam Bahasa Arab dan Bahasa Jawa serta Metode Pembelajarannya

Sani, Nur Laila (2020) Struktur Kalimat dalam Bahasa Arab dan Bahasa Jawa serta Metode Pembelajarannya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932504316 prabab,1,2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
932504316 3,4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932504316 5,dp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932504316 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa al-Qur’an dan hadits, dimana kita harus mempelajarinya khususnya bagi muslim. Seperti yang kita ketahui bahwa mayoritas penduduk negara Indonesia adalah muslim. Dengan bukti bahwa banyak ditemukan pondok pesantren khususnya di daerah Jawa Timur, yang mana didalam pesantren tersebut tentunya mempelajari bahasa Arab sebagai Bahasa Asing. Dan bahasa asing tersebut memiliki unsur-unsur bahasa yang berbeda dengan bahasa Ibu. Apabila terdapat unsur bahasa yang sama antara kedua bahasa tersebut, maka akan memudahkan kita dalam mempelajari bahasa asing tersebut. Dan begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, Penulis ingin melakukan penelitian tentang analisis kontrastif terhadap struktur kalimat bahasa Arab dan bahasa Jawa serta metode pembelajarannya. Dengan tujuan 1). Mengetahui macam-macam kalimat yang terdapat didalam kedua bahasa tersebut, 2). Mengetahui persamaan dan perbedaan antara kedua bahasa tersebut, 3). Mengetahui metode pembelajaran bagi orang Jawa dalam mempelajari struktur kalimat bahasa Arab. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif dengan model penelitian kepustakaan (library research). Dan adapun teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah teknik deskriptif dan kontrastif. Terdapat tiga hasil penelitian dari penelitian ini yaitu: 1). Berdasarkan pola kalimat, kalimat dalam bahasa arab terbagi menjadi 2 yaitu jumlah ismiyyah (diawali dengan Isim) dan jumlah fi’liyah (diawali denga fi’il). Berdasarkan fungsi kalimat terdapat 15 kalimat yaitu kalimat positif, kalimat negatif, kalimat asertif, kalimat interogatif, kalimat imperatif, kalimat prohibitatif, kalimat sindiran dan anjuran, kalimat optatif, kalimat harapan, kalimat doa, kalimat seruan, kalimat syarat, kalimat sumpah, kalimat interjektif, kalimat pujian dan celaan. Adapun kalimat dalam bahasa Jawa berdasarkan pola kalimatnya terdapat 2 macam yaitu kalimat normal dan kalimat inversi. Sedangkan, berdasarkan fungsi kalimatnya terdapat 7 macam yaitu kalimat indikatif, kalimat imperatif, kalimat interogatif, kalimat desideratif, kalimat optatif, kalimat obligatif, dan kalimat subjungtif. 2). Persamaan antara kalimat bahasa Arab dan bahasa Jawa berdasarkan pola kalimatnya yaitu didalam kedua bahasa tersebut terdapat pola kalimat P+S, S+P, P+S+O, P+O+S, P+S+K, S+P+K. Sedangkan perbedaan diantara kedunya berdasarkan pola kalimatnya adalah di dalam bahasa Arab terdapat pola kalimat O+P+S tetapi dalam bahasa Jawa tidak ada, dan di dalam bahasa Jawa terdapat pola S+P+O tetapi dalam bahasa Arab tidak ada. Adapun persamaan antara kalimat bahasa Arab dan bahasa Jawa berdasarkan fungsi kalimatnya yaitu kedua bahasa tersebut memiliki kalimat positif, kalimat interogatif, kalimat imperatif, kalimat prohibitatif, kalimat optatif, kalimat harapan, kalimat doa, kalimat seruan, kalimat syarat. Sedangkan perbedaan keduanya berdasarkan fungsi kalimatnya antara lain: a). Kalimat negatif memiliki pembahasan khusus di dalam bahasa Arab, sedangkan dalam bahasa Jawa hanya sebagai tanda kata kerja. b). Bahasa Arab memiliki kalimat asertif yang memiliki pembahasan khusus, sedangkan dalam bahasa Jawa ketika kita ingin meyakinkan lawan bicara, kita hanya perlu melakulan penekanan dalam berbicara. c). Dalam bahasa Arab banyaknya subjek dan jenis mudzakar muannas berpengaruh pada bentuk kalimat, sedangkan dalam bahasa Jawa tidak berpengaruh. 3). Dalam pembelajaran struktur kalimat bahasa arab bagi siswa Jawa, guru dapat menggunakan pendekatan parsial yang memfokuskan pada tema tertentu yaitu struktur kalimat bahasa arab. Dan guru dapat menggunakan metode eklektik antara metode qawaid wa tarjamah dan metode reading.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology), (struktur bahasa Arab)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:23
Last Modified: 24 Nov 2021 02:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2812

Actions (login required)

View Item View Item