Hubungan Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Keluarga dengan Agresivitas Siswa di SMK YP17 Pa

RATNASARI, PUTRI (2017) Hubungan Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Keluarga dengan Agresivitas Siswa di SMK YP17 Pa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Cover_Halaman Pra-BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_IMG_0001_NEW_0009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Insiden sebagai manifestasi perilaku agresif pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), baik secara verbal (kata-kata) maupun non-verbal (action) terekspose berbagai ragam perwujudan seperti mencaci-maki, mengumpat, perkelahian, membuat kelompok “genk” atau membuat status di mediasosial yang kurang sopan. Berbagai permasalahan remaja tersebut menunjukkan kontrol diri yang dimiliki para remaja masih lemah, jika remaja memiliki kontrol diri yang baik maka remaja mampu untuk menahan kebutuhan kesenangan sesaat dan mampu memikirkan resiko atas perbuatan yang sudah dilakukan. Selain kontrol diri, faktor dukungan keluarga terkait erat dengan perilaku agresif remaja, karena melalui lingkungan keluarga seseorang bisa mendapat berbagai dukungan serta merasakan adanya kenyamanan secara fisik maupun psikologis dari keluarga yang membuat remaja merasa diperhatikan, dihargai dan dicintai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara kontrol diri dengan agresivitas siswa di SMK YP 17 Pare. (2) Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan agresivitas di SMK YP 17 Pare. (3) Hubungan antara kontrol diri dan dukungan sosial keluargan dengan agresivitas di SMK YP 17 Pare Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK YP 17 Pare dengan jumlah populasi sebanyak 1.340 siswa. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 108 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala kontrol diri, skala dukungan sosial keluarga dan skala agresivitas. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini (1) menunjukkan hasil uji korelasi variabel kontrol diri memiliki hubungan yang signifikan dengan agresivitas siswa di SMK YP 17 Pare sebesar -0,807. Yang artinya ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan agresivitas, dengan makna semakin tinggi kontrol diri pada siswa maka tingkat agresivitas para siswa akan menurun atau rendah. (2) Hasil uji korelasi variabel dukungan sosial keluarga memiliki hubungan yang signifikan dengan agresivitas siswa di SMK YP 17 Pare sebesar -0,755. Yang artinya ada hubungan negatif antara dukungan sosial keluarga dengan agresivitas, dengan makna semakin tinggi dukungan sosial keluarga pada siswa maka tingkat agresivitas para siswa akan menurun atau rendah. (3) Pada uji regresi linier berganda memperlihatkan bahwa hasil nilai F hitung adalah 99,783 > nilai F tabel 3.08 sedangkan nilai signifikansi (sig.<ᾱ) yaitu 0,000<0,05. Nilai korelasi sebesar -0,781, dengan nilai R Square sebesar artinya kemampuan variabel kontrol diri (X1) dan dukungan sosial keluarga (X2) secara bersama-sama dalam ketepatan memprediksi variasi variabel agresivitas sebesar 64,5%, sedangkan sisanya 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Mar 2019 07:00
Last Modified: 20 Mar 2019 07:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item