Implikasi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Membeli Branded Product (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Kediri)

Laili, Binti Afifatul (2020) Implikasi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Membeli Branded Product (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933705916 prabab.pdf

Download (495kB)
[img] Text
933705916 bab1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
933705916 bab2.pdf

Download (137kB)
[img] Text
933705916 bab3.pdf

Download (79kB)
[img] Text
933705916 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
933705916 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
933705916 bab6.pdf

Download (11kB)
[img] Text
933705916 daftar pustaka.pdf

Download (59kB)
[img] Text
933705916 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kehidupan sosial mahasiswa sekarang ini terlihat mengalami pergeseran. Pergeseran tingkah tersebut tentu tidak dapat dilepaskan dari perkembangan kemajuan teknologi. Dalam hal ini, mahasiswa lebih fokus terhadap pentingnya menjaga penampilan diri sebagai bentuk ekspresi diri mereka terhadap suatu yang dikenakannya. Kebutuhan penampilan menjadi eksistensi mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri dalam membeli branded product. 2) Untuk mengetahui branded product apa saja yang dibeli oleh mahasiswa. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi mahasiswa membeli branded product. 4) Untuk mengetahui implikasi, dampak atau akibat perilaku konsumtif yang timbul ketika mahasiswa membeli branded product pada kehidupan sehari-hari. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Data diperoleh peneliti di lokasi kampus IAIN Kediri dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini berjumlah 12 mahasiswa dari berbagai program studi di fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri. Pengambilan sample penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa 1) Perilaku konsumtif pada mahasiswa sering terjadi dengan intensitas yang sedang, aktifitas tersebut dilakukan oleh mahasiswa sebagai suatu kewajaran bagi mereka karena perkembangan zaman. 2) Terdapat beberapa macam brand yang dimiliki oleh mahasiswa, bahkan satu mahasiswa bisa memiliki lebih dari dua atau lebih, seperti Miniso, Converse, Erigo, Eiger, 3 Second, Convection, Zoya, Vans, Details, dan lainnya. 3) Keputusan pembelian yang menyebabkan mahasiswa membeli branded product dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu ada unsur diskon, promo, dan sale, adanya iklan, pengaruh teman sebaya, faktor pribadi dan kebutuhan, juga tipe model, serta adanya pusat perbelanjaan. 4) Terdampak implikasi atau akibat yang ditimbulkan ketika konsumtifitas mahasiswa dalam membeli branded product terjadi, yaitu segi negatif dan segi positif. Dampak negatif ini cenderung mengarah pada boros, konsumtif, dan ketergantungan, sedangkan dampak positifnya menimbulkan perasaan senang, mengerti pasaran brand, dan dapat mengetahui perbedaan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160807 Sociological Methodology and Research Methods
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:36
Last Modified: 23 Nov 2021 01:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2786

Actions (login required)

View Item View Item