Makna Instagram Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Kediri

Burhana, Aditya (2020) Makna Instagram Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933703615 prabab.pdf

Download (703kB)
[img] Text
933703615 bab1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
933703615 bab2.pdf

Download (517kB)
[img] Text
933703615 bab3.pdf

Download (37kB)
[img] Text
933703615 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text
933703615 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
933703615 bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
933703615 daftar pustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
933703615 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)

Abstract

Masyarakat dan komunikasi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Seperti halnya proses komunikasi yang tidak pernah terlepas dari media komunikasi. Melalui media komunikasi, sesorang akan dengan mudah mengirimkan pesan keapada siapapun. Media komunikasi dengan pola-pola tradisional, kini telah tergantikan oleh berbagai teknologi yang lebih canggih. Salah satu hasil dari perkembangan media komunikasi adalah diciptakannya Instagram. Instagram mampu menampilkan gambar visual yang selama ini tidak bisa dilakukan dan menjadikan media komunikasi sekaligus media berbagi informasi. namun dibalik itu interkasi langsung antar manusia menjadi berkurang, masyarakat menyukai interaksi di dalam media komunikasi instagram. oleh karen itu peneliti ingin mengkaji tentang makna instagram di kalangan mahasiswa program studi sosiologi agama, fakultas ushuluddin dan dakwah IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, berupa ucapan atau tulisan, perilaku dan gambar di instagram yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga, atau gejala-gejala tertentu. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwasannya mahasiswa program studi sosiologi agama, fakultas ushuluddin dan dakwah IAIN Kediri memaknai Instagram 1). sebagai sarana untuk berinteraksi. 2). Instagram digunakan sebagai media promosi dalam berbisnis online. 3) Instagram dimaknai sebagai gaya hidup. a) Gaya hidup yang ada sebelum menggunakan instagram, seperti gaya hidup modern, mandiri, bebas, dan sehat. Gaya hidup yang ditampilkan di instagram merupakan gaya hidupnya sejak dulu dan tidak terbentuk melalui instagram. Instagram hanya tempat untuk menunjukkan jati dirinya. b) Gaya hidup yang muncul setelah menggunakan instagram. yaitu gaya hidup digital (digital lifestyle), yaitu gaya hidup yang erat dengan dunia maya/digital.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:25
Last Modified: 22 Nov 2021 04:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2777

Actions (login required)

View Item View Item