تعليم علم صرؼ بكتاب اظتقصود باظتعهد اإلصالح باندار كيدكؿ كديرم

Aziz, Moh. Abdul (2020) تعليم علم صرؼ بكتاب اظتقصود باظتعهد اإلصالح باندار كيدكؿ كديرم. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502415 pra,1,2,3.pdf

Download (598kB)
[img] Text
932502415 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
932502415 6,dp.pdf

Download (274kB)
[img] Text
932502415 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

Pembelajaran di Pondok Pesantren adalah Pembejaran yang bersumber dari kitab kuningsalah satunya Al Maqsud dengan menggunakan metode-metode klasik qiyasiyah, istiqraiyah, dll. Pondok Pesantren Al Islah Bandar Kidul Kediri menerapkan metode qiyasiyah guna menunjang kemampuan pemahaman ilmu shorof siswa dengan menggunakan kitab Al Maqsud. oleh kaena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul Implementasi pembelajaran ilmu Shorof dengan kitab Al Maqsud di Ma’had Al Islah Bandarkidul Kediri, fokus Penelitianya yaitu: 2) bagaimana pembelajaran ilmu Shorof dengan kitab Al Maqsud di Ma’had Al Islah Bandarkidul Kediri? 2) apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran ilmu Shorof dengan kitab Al Maqsud di Ma’had Al Islah Bandarkidul Kediri? Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi wawancara dan dokumentasi. tehnik analisis dengan reduksi data, penyajian datadan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelskan bahwa: 2) Pembelajaran Ilmu Shorof dengan kitab Al maqsud di Pondok Pesantren Al Islah Bandarkidul kediri adalah dengan menggunakan metode pembelaajaran Qiyasiyah. 2) kelebihan pembelajaran ilmu Shorof dengan kitab maqsud di Pndok Pesatren Al Islah Bandar kidul kediri yaitu: a) Pembelajaran Ilmu Shorof dengan kitab Al maqsud di Pondok Pesantren Al Islah Bandarkidul kediri memberikan pemahaman yang baik dalam Pembelajaran Ilmu shorof di Pondok Pesantren Al Islah, b) Murid-mrid dapat menambah referensi mengenai ilmu Shorof melalui kitab Maqsud,c) pembelajaran Ilmu Shorof dengan kitab Maqsud menyenangkan dan selow tidak tidak terlalu cepat dan tidak erlalu lambat. Adapun kekurangan Pembelajaran Ilmu Shorof dengan kitab Maqsud di Podok Pesantren Al Islah Bandar kidul Kediri yaitu: a) kebanyakan murid tidak hafal nadhom kitab Maqsud b) kurangnya fasilitas sehigga mengganggu kenyamanan murid dalam pembelajaran Ilmu Shorof dengan kitab Maqsud.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology), (struktur bahasa Arab)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Nov 2021 00:47
Last Modified: 18 Nov 2021 00:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2748

Actions (login required)

View Item View Item