Gambaran Dukungan Sosial Dalam Membentuk Konsep Diri Anak Penyandang Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Ngasem Kabupaten Kediri

Habibah, Luk Luk Khoirul (2020) Gambaran Dukungan Sosial Dalam Membentuk Konsep Diri Anak Penyandang Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Ngasem Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933406116 prabab.pdf

Download (394kB)
[img] Text
933406116 bab1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
933406116 bab2.pdf

Download (226kB)
[img] Text
933406116 bab3.pdf

Download (182kB)
[img] Text
933406116 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
933406116 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
933406116 bab6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
933406116 daftar pustaka.pdf

Download (192kB)
[img] Text
933406116 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dukungan sosial yang diberikan kepada anak penyandang tunanetra di SLB Ngasem Kabupaten Kediri dalam membentuk konsep diri dan faktor apa saja yang dapat menjadi alasan individu di sekitar anak penyandang tunanetra untuk memberikan dukungan sosialnya. Penelitian dilakukan pada 2 siswa tunanetra di SLB Ngasem Kabupaten Kediri. Masing-masing siswa merupakan murid kelas 5 di jenjang SDLB. Informan pendukung antara lain wali kelas, guru kelas, dan kepala sekolah. Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dimana observasi, wawancara, dan dokumentasi menjadi teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data atau penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah diperolehnya gambaran dukungan sosial yang membentuk konsep diri anak penyandang tunanetra di SLB Ngasem Kabupaten Kediri, bahwa: 1) Jenis dukungan sosial yang diberikan dalam membentuk konsep diri positif anak penyandang tunanetra antara lain adalah dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumen, dukungan informasi, dan dukungan jaringan sosial. 2) Faktor-faktor yang menjadi alasan individu memberikan dukungan sosial untuk membentuk konsep diri positif anak penyandang tunanetra diantaranya adalah empati dan norma. 3) Sumber dukungan sosial yang sangat memberikan dampak dalam pembentukan konsep diri anak penyandang tunanetra berasal dari orang tua, saudara kandung, temanteman sebaya, dan pengasuh.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 18 Nov 2021 00:36
Last Modified: 18 Nov 2021 00:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2746

Actions (login required)

View Item View Item