Strategi Bersaing PT BPRS Tanmiya Artha Dalam Meningkatkan Minat Pedagang Menggunakan Pembiayaan Murabahah

Rinawati, Rinawati (2017) Strategi Bersaing PT BPRS Tanmiya Artha Dalam Meningkatkan Minat Pedagang Menggunakan Pembiayaan Murabahah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931305813 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931305813 bab1.pdf

Download (405kB)
[img] Text
931305813 bab2.pdf

Download (271kB)
[img] Text
931305813 bab3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
931305813 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
931305813 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
931305813 bab6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
931305813 daftar pustaka.pdf

Download (218kB)
[img] Text
931305813 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Strategi bersaing memegang peranan yang penting karena dengan strategi bersaing yang baik akan berdampak pada banyaknya pedagang yang berminat melakukan pembiayaan murabahah, sehingga akan mencapai tujuan lembaga yaitu profit oriented. Islam menganjurkan umatnya untuk berlomba dalam hal kebaikan, sehingga dalam menjalankan persaingan dibutuhkan kompetisi secara jujur dan adil yang akan memberikan pandangan positif pedagang terhadap lembaga. Strategi bersaing menurut Michael E. Porter terdiri keunggulan biaya, diferensiasi, dan terpusat. Adapun fokus penelitian dari penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi bersaing di PT BPRS Tanmiya Artha? (2) bagaimana peran strategi bersaing PT BPRS Tanmiya Artha dalam meningkatkan minat pedagang menggunakan pembiayaan murabahah? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memenuhi keabsahan data, maka peneliti menggunakan teknik ketekunan pengamatan, member check, dan triangulasi. Tahap akhir yang dilakukan yaitu analisis data dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) PT BPRS Tanmiya Artha menerapkan strategi bersaing perspektif Michael E. Porter, yaitu a) keunggulan biaya yaitu memberikan harga jual yang rendah atau sama dengan lembaga keuangan lainnya, berupa biaya administrasi sesuai dengan plafond dan margin sebesar 1,4% sampai dengan 1,65% yang dinilai murah jika dibandingkan dengan bunga dari rentenir yang mencapai 20% dan jangka waktu pelunasan 24 kali angsuran, b) diferensiasi berupa kekhasan ciri produk berdasarkan prinsip syariah dan pelayanan terbaik dari PT BPRS Tanmiya Artha yang meliputi pemberian tenggang waktu tiga hari bagi nasabah yang belum bisa membayar angsuran, layanan dengan sistem jemput bola, layanan menabung angsuran, dan pemberian layanan Top Up setelah pembayaran angsuran keenam, c) strategi terpusat tidak digunakan mengingat sasaran dari PT BPRS Tanmiya Artha bukan hanya pedagang melainkan guru, pegawai, pensiunan, petani dan peternak (2) strategi bersaing PT BPRS Tanmiya Artha memiliki peran dalam meningkatkan minat pedagang menggunakan pembiayaan murabahah, yaitu dilihat dari peningkatan jumlah nasabah pembiayaan dari periode 2015 sampai 2016. Meningkatnya minat pedagang dalam menggunakan pembiayaan murabahah dikarenakan status ekonomi pedagang yang mengalami kemunduran, adanya kepuasan dari nasabah, dan referensi dari pedagang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:27
Last Modified: 15 Nov 2021 02:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item View Item