Pembinaan Karakter Nasionalis Dan Religius Siswa Melalui Kegiatan Pramuka di MI Nidhomut Tholibin Dadapan Solokuro Lamongan

Cahyani, Fitri (2021) Pembinaan Karakter Nasionalis Dan Religius Siswa Melalui Kegiatan Pramuka di MI Nidhomut Tholibin Dadapan Solokuro Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119117 prabab,1,2,3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932119117 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
932119117 6,DP.pdf

Download (389kB)
[img] Text
932119117 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian di lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menganalisa data menggunakan deskriptif kualitatif yang berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang-orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan), serta perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Melalui dari latar belakang inilah kemudian dalam penelitian ini diambil rumusan masalah: (1) Nilai-nilai nasionalis apa saja yang ditanamkan melalui kegiatan pramuka di MI Nidhomut Tholibin Dadapan Solokuro Lamongan. (2) Nilai-nilai religius apa saja yang ditanamkan melalui kegiatan pramuka di MI Nidhomut Tholibin Dadapan Solokuro Lamongan. (3) Bagaimana hasil dari penanaman nilai nasionalis dan religius terhadap pembentukan karakter siswa di MI Nidhomut Tholibin Dadapan Solokuro Lamongan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai nasionalis yang ditanamkan melalui kegiatan pramuka di MI Nidhomut Tholibin Dadapan Solokuro Lamongan yaitu: (a) menanamkan nilai rela berkorban seperti rela mengorbankan waktu, pikiran, tenaga dan hartanya demi bangsa dan negara Indonesia (b) Menanamkan nilai kerjasama supaya siswa dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mampu berintekasi dengan orang lain seperti melakukan kegiatan hasta karya dimana dalam kegiatan hasta karya terdapat banyak orang untuk melakukan kerjasama (c) Menanamkan nilai cinta tanah air dengan cara melakukan upacara bendera ketika memperingati hari besar dan selalu bangga terhadap negaranya karena dapat membeli produk dalam negeri dengan memakai atribut lengkap saat kegiatan kepramukaan berlangsung (d) Menanamkan nilai menghargai dengan sesama teman, guru, dan orang tua (e) Menanamkan nilai persatuan dimana para siswa selalu memakai seragam pramuka lengkap dan tidak ada yang membeda-bedakan mereka karena mereka bersatu (f) Nilai setia dan taat selalu ditanamkan di dalam kegiatan pramuka yaitu setia dan taat ketika uacara bendera berlangsung (2) Nilai-nilai religius siswa yang ditanamkan melalui kegiatan pramuka di MI Nidhomut Tholibin Dadapan Solokuro Lamongan yaitu: (a) Menanamkan nilai aqidah seperti membiasakan berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan (b) Menanamkan nilai ibadah seperti membiasakan sholat berjamaah dan melakukan tadarus al-Qur’an juz 30 (c) Menanamkan nilai muamalah seperti membiasakan sopan santun, tolong-menolong, saling menyapa, dan memberikan salam ketika kegiatan pramuka berlangsung (3) Hasil dari menanamkan nilai nasionalis dan religius siswa melalui kegiatan pramuka di MI Nidhomut Tholibin Dadapan Solokuro Lamongan seperti: (a) Melakukan kegiatan apel pembuka dan penutup yang mana melatih sikap taat dan mencintai tanah air (b) Upacara bendera untuk menanamkan rasa peduli dan cinta terhadap negara (c) Dengan jelajah dapat menanamkan kemandirian, kebersamaan dan cinta alam yang mana didalamnya terdapat nilai mencintai kekuasaan Allah (d) Perkajum dapat menanamkan rasa persatuan dan selalu mengingat akan nilai religius seperti ibadah, akhlak dan muamalah (e) kegiatan bermain atau permainan dapat membina karakter nasioanlis seperti kerjasama sesama kelompok (f) Penghijauan dapat menanamkan karakter cinta tanah air dengan menjaga lingkungan alam dan tidak merusaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:40
Last Modified: 01 Nov 2021 01:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2668

Actions (login required)

View Item View Item