Peranan Silaturrahim Dalam Menjaga Loyalitas Donatur Ditinjau dari Syariah Marketing (Studi Kasus di Yayasan Kemanusiaan Kotak Amal Indonesia (YKKAI) Cabang Blitar)

Nurrohman, Moh. Alfian (2021) Peranan Silaturrahim Dalam Menjaga Loyalitas Donatur Ditinjau dari Syariah Marketing (Studi Kasus di Yayasan Kemanusiaan Kotak Amal Indonesia (YKKAI) Cabang Blitar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931306817 PRA BAB.pdf

Download (759kB)
[img] Text
931306817 BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
931306817 BAB II.pdf

Download (609kB)
[img] Text
931306817 BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
931306817 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text
931306817 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
931306817 BAB VI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
931306817 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
931306817 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Zakat, infaq, dan shodaqah digadang-gadang menjadi problem solving dari permasalahan ekonomi yaitu pengentasan kemiskinan di masyarakat. Hal ini didukung dengan pembentukan lembaga amil zakat (LAZ) baik dari tingkat Kota/Kabupaten, Propinsi, maupun Nasional untuk menghimpun dana zakat, infak dan shodaqah tersebut. Keberadaan LAZ yang penting membuat eksistensi dari LAZ harus tetap terjaga. Salah satunya ialah loyalitas donatur dari LAZ tersebut. Loyalitas donatur akan tercapai bila ada kemampuan dari LAZ untuk memberikan layanan kepada donaturnya. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai : Peranan Silaturrahim dalam Menjaga Loyalitas Donatur Ditinjau dari Syariah Marketing (Studi Kasus di Yayasan Kemanusiaan Kotak Amal Indonesia (YKKAI) Cabang Blitar). Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ialah donatur tetap dan relawan dari Yayasan Kemanusiaan Kotak Amal Indonesia (YKKAI) Cabang Blitar. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, kecukupan referensi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Silaturrahim yang dilakukan oleh YKKAI Cabang Blitar dilaksanakan secara online dan offline, (2) Peranan silaturrahim YKKAI Cabang Blitar adalah menjaga tali persaudaraan dan menjadi feedback lembaga kepada donatur dengan adanya pesan-pesan dan tausiyah dalam silaturrahim berakibat senangnya donatur yang berimbas kepada loyalitas di YKKAI Cabang Blitar, (3) Silaturrahim yang dilakukan YKKAI Cabang Blitar merupakan bagian dari penerapan marketing pulic relation dan soul-marketing berupa jujur, amanah, profesional dan good-will relationship (silaturrahim) yang menjadi bagian dari syariah marketing.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:17
Last Modified: 29 Oct 2021 02:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2658

Actions (login required)

View Item View Item