Peran Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Keuntungan Tengkulak Benih Lele Di Desa Bendo Kecamatan Pare

Chakhim, Achmad Lukman (2021) Peran Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Keuntungan Tengkulak Benih Lele Di Desa Bendo Kecamatan Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931306914 prabab,1,2,3.pdf

Download (415kB)
[img] Text
931306914 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
931306914 6,dp.pdf

Download (168kB)
[img] Text
931306914 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Konsep bisnis pada semua agama mendorong umatnya untuk memaksimalkan usaha untuk memenuhi kebutuhan dunia dan akhirat dengan landasan berupa moralitas dan agama. banyak peneltian terdahulu yang menyebutkan bahwa penerapan Etika Bisnis Islam pada suatu korporasi dapat mempengaruhi manajemen dan penerapan etika bisnis islam berpengaruh positif terhadap peningkatan keuntungan suatu perusahaan. Menurut data menyebutkan bahwa Kecamatan Pare menjadi salah satu sentra pembeniha lele dan desa Bendo adalah salah satu sentra benih lele di Kecamatan Pare. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan Etika Bisnis Islam pada Tengkulak Benih Lele di Desa Bendo Kecamatan Pare? (2) Bagaimanakah peran penerapan Etika Bisnis Islam dalam keuntungan Tengkulak Benih Lele di Desa Bendo Kecamatan Pare? Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan Etika bisnis Islam Tengkulak Benih Lele di Desa Bendo Kecamatan Pare yang terdiri dari prinsip Unity (kesatuan/ keesaan), prinsip Equilibrium (keseimbangan), prinsip Free will (kehendak bebas), prinsip Responsibility (tanggungjawab), prinsip Benevolence (kebenaran), terdapat tengkulak yang sudah menerapkan secara keseluruhan, ada yang sudah menerapkan namun tidak sepenuhnya karena ada beberapa prinsip yang tidak diterapkan oleh tengkulak. (2) Peran penerapan Etika Bisnis Islam yaitu terbangunnya hubungan baik dan simpati antara Tengkulak dengan petani dan pembeli, hubungan baik menjadi awal terbentuknya kepercayaan yang nantinya akan terbangun loyalitas yang dapat meningkatkan keuntungan dan investasi secara jangka panjang oleh tengkulak

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:39
Last Modified: 27 Oct 2021 03:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item View Item