Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai Karakter melalui Budaya Religius pada Siswa SMAN 1 Gurah Kediri di Era Pandemi Covid-19

Rovianty, Iga Agustina Imma (2021) Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai Karakter melalui Budaya Religius pada Siswa SMAN 1 Gurah Kediri di Era Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106917 - prabab,1,2,3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
932106917 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
932106917 6,dp.pdf

Download (139kB)
[img] Text
932106917 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)

Abstract

Guru PAI memiliki peran yang sangat penting salah satunya dalam penanaman karakter bagi peserta didik. Namun, di masa pandemi covid-19 dunia pendidikan mengalami tantangan dalam penyampaian nilai-nilai karakter yang cukup membuat khawatir akan terjadinya character lost pada peserta didik. Walaupun terasa sulit namun, tetap dicari solusinya seperti halnya apa yang dilakukan oleh guru PAI SMAN 1 Gurah dengan menerapkan budaya religius di tengah pembelajaran jarak jauh dalam mewujudkan nilai religius, jujur, disiplin, gemar membaca dan tanggung jawab bagi peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: 1) budaya religius yang dikembangkan oleh guru PAI SMAN 1 Gurah. 2) Tugas dan fungsi guru PAI dalam menanamkan nilai karakter melalui budaya religus di masa pandemi covid-19. 3) Kendala yang ditemui guru PAI selama pelaksanaan budaya religius di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru PAI, siswa-siswi kelas X, XI, XII MIPA MIPS, dan Waka Kurikulum SMAN 1 Gurah. Kemudian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. budaya religius selama pembelajaran jarak jauh antara lain pembiasaan Sholat Fardhu dan Sunnah, tadarus Al-Qur‟an serta kegiatan membantu orang tua dengan mengisi laporan kegiatan. 2. Tugas dan fungsi guru PAI adalah: a) memberikan pembimbingan dan pemahaman terkait pentingnya pembiasaan sholat, tadarus dan membantu orang tua bagi siswa-siswi. b) Memberikan fasilitas belajar dengan cara terbuka untuk siswa-siswi. c) Selalu memberi dorongan berupa motivasi dan pesan-pesan. d) Memberikan penilaian terhadap laporan kegiatan siswa-siswi. 3. Kendala yang dihadapi guru PAI adalah: a) keterbatasan dalam pemantauan dan pembimbingan siswa-siswi selama pembelajaran jarak jauh. b) Masih terdapat beberapa siswa yang terlambat mengumpulkan laporan kegiatan sehingga menghambat evaluasi guru dalam memberikan penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:37
Last Modified: 18 Oct 2021 03:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2625

Actions (login required)

View Item View Item