Evaluasi Pelaksanaan Blended Learning pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Prambon

Erikawati, Cicik (2021) Evaluasi Pelaksanaan Blended Learning pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Prambon. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117317 prabab,1,2,3.pdf

Download (577kB)
[img] Text
932117317 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
932117317 6,dp.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932117317 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana evaluasi context dalam pelaksanaan blended learning pada mapel PAI di SMA Negeri 1 Prambon, 2) Bagaimana evaluasi input dalam pelaksanaan blended learning pada mapel PAI di SMA Negeri 1 Prambon, 3) Bagaimana evaluasi process dalam pelaksanaan blended learning pada mapel PAI di SMA Negeri 1 Prambon, 4) Bagaimana evaluasi product dalam pelaksanaan blended learning pada mapel PAI di SMA Negeri 1 Prambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dipopulerkan oleh Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap kegiatan di antaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen: 1) Context yakni sekolah telah memahami program pembelajaran dengan baik. Legalitas program blended learning disesuaikan dengan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Dukungan lingkungan sangat mendukung dalam pelaksanaan blended learning. Tujuan program pembelajaran blended learning untuk memberikan penguatan terhadap materi yang telah disampaikan dalam pembelajaran online. 2) Input yakni SDM meliputi guru, peserta didik, dan tenaga kependidikan di sekolah mendukung pelaksanaan blended learning. Sarpras telah mendukung untuk pelaksanaan blended learning. Anggaran dana bersumber dari dana yang didapat dari pemerintah. Kurikulum yang digunakan telah sesuai dengan Kurikulum 2013. 3) Process yakni pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka dilakukan untuk memberi penguatan terhadap materi yang disampaikan saat pembelajaran online. Pembelajaran online dilakukan melalui audiovisual youtube. Monitoring program dilakukan sepenuhnya secara online dan dilakukan secara berkala. Hambatan yang dialami lebih kepada pembelajaran berbasis online yang sangat beragam. 4) Product yakni penilaian spiritual peserta didik menunjukkan hasil yang baik. Penilaian sikap sosial menunjukkan hasil yang baik, peserta didik menunjukkan sikap empati terhadap masyarakat yang mengalami musibah kematian. Penilaian pengetahuan peserta didik pada mata pelajaran tata cara pengurusan jenazah termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata tes sebesar 87,18 untuk peserta didik kelas XI-MIPA 1 dan 84,57 untuk peserta didik kelas XI�IIS 1. Penilaian keterampilan praktek sholat jenazah termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 85,14 untuk kelas XI-MIPA 1 dan 86,41 untuk kelas XI-IIS 1.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:07
Last Modified: 18 Oct 2021 03:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2624

Actions (login required)

View Item View Item