Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VII Semester Genap di MTsN 5 Kediri

Fachurin, Hamdah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VII Semester Genap di MTsN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122317 - prabab, 1,2,3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932122317 - 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932122317 - 5, dp.pdf

Download (159kB)
[img] Text
932122317 - lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan dalam proses pembelajaran online siswa lebih sering diberi tugas dalam mata pelajaran Al�Qur’an Hadis yang diberikan melalui google form serta modul siswa. Dan hanya sesekali guru memberikan media video sebagai media dalam proses pembelajaran. Sehingga banyak siswa yang malas mengerjakan tugas yang diberikan dan dibutuhkan media yang menarik untuk proses pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran berbentuk video animasi, dan 2) mengetahui keefektifan media pembelajaran video animasi berdasarkan penilaian siswa pada uji coba perorangan, siswa pada uji coba kelompok kecil, siswa pada uji coba lapngan, ahli materi, penilaian ahli media, dan penilaian ahli desain. Pengembangan media pembelajaran video animasi merupakan proses pengembangan media dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Al�Qur’an Hadis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitianini adalah siswa MTsN 5 Kediri kelas VII, ahli materi, ahli media, dan ahli design serta objek penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran video animasi. Berdasarkan hasil penelitian 1) pengembangan media pembelajaran video animasi dengan Analysis yaitu analisis kebutuhan peserta didik dan analisis kurikulum, tahap Desaign dengan pembuatan flowchat dan storyboard, Tahap Development melaksanakan uji validasi ahli media, ahali materi dan ahli desain serta revisi produk,Tahap Implementation dengan melaksanaka uji coba secara langsung, dan Evaluation dengan melihat tingkat keefektifan dari produk yang dikembangkan dan 2) hasil validasi uji coba perorangan termasuk kategori sangat baik (92%), uji coba kelompok kecil termasuk kategori sangat baik (92.45%), uji coba lapangan termasuk kategori sangat baik (88.6%), penilaian ahli materi termasuk kategori sangat baik (86.7%), penilaian ahli media termasuk kategori sangat baik (86.4%), penilaian ahli desain termasuk kategori sangat baik (89.1%), Hasil perhitungan diperoleh pada α = 0.05 dengan dk = 40-1 =39 diperoleh t table = 1.684 dan t hitung = 8,661. Karena t hitung ≥ t table maka hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar sesudah siswa menggunakan media video animasi pada kelas VII di MTsN 5 Kediri dan dengan hal itu media dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:49
Last Modified: 18 Oct 2021 02:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item View Item