Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MA Abdulloh Bangsongan Mojo Kediri.

Jannah, Roudlotul (2021) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MA Abdulloh Bangsongan Mojo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932128117 prabab,1,2,3.pdf

Download (649kB)
[img] Text
932128117 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
932128117 6,dp.pdf

Download (315kB)
[img] Text
932128117 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru merupakan seorang pendidik yang mempunyai tugas untuk memimpin suatu proses pembelajaran yang berhasil dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi, maka seorang guru harus dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi yang sesuai dengan materi dan menggunakan metode yang disesuaikan dengan materi pembelajaran karena tidak semua metode bisa dipakai dalam suatu proses pembelajaran. Guru dituntut dalam bidangnya untuk keberhasilan siswa dalam belajarnya supaya siswa termotivasi dalam belajar dan mencapai apa yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam meingkatkan motivasi belajar siswa di MA Abdulloh Bangsongan Mojo Kediri. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Abdulloh Bangsongan Mojo Kediri. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan oleh guru akidah akhlak yaitu menggunakan pendekatan individu dan kelompok dan menggunakan metode yang bervariasi dan yang disesuaikan dengan materi tetapi tidak semua metode bisa digunakan, metode yang digunakan dalam meningkatkan motivasi yaitu metode diskusi, tanya jawab dan resitasi atau penugasan. Kemudian faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu faktor pendukungnya : orang tua, lingkungan sekitar, perpustakaan, LKS dan tenaga pendidik yang berkompeten. Sedangkan faktor penghambatnya kuota internet, sinyal dan ekonomi keluarga/latar belakang keluarga menjadi penghambat dalam masa depan seorang pelajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:07
Last Modified: 29 Sep 2021 01:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2584

Actions (login required)

View Item View Item