Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi Dan Relevansinya Pada Pendidikan Karakter

damayanti, Rosa Deninta (2021) Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi Dan Relevansinya Pada Pendidikan Karakter. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117516 prabab,1,2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932117516 3,4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
932117516 5,dp.pdf

Download (236kB)
[img] Text
932117516 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)

Abstract

Untuk membentuk karakter sosial seseorang, maka pembelajaran krakter merupakan salah satu bagian yang sangat penting di dalam suatu proses pendidikan. Untuk itu, salah satu langkah yang diambil oleh penulis yakni dengan memberikan muatan lokal tentang nilai pendidikan islam serta keterkaitannya dengan pendidikan karakter yang diambil dari intisari novel sebagai bahan penelitian. Fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Nilai Pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi? 2) Bagaimana relevansi nilai pendidikan Islam dalam novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi terhadap pendidikan karakter? Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan.dengan mengambil objek kajian novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi adalah nilai Akidah, nilai Ibadah, dan Nilai Akhlak. 2) Relevansi nilai pendidikan Islam dalam novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi terhadap pendidikan karakter yaitu pada nilai akidah memiliki karakter religius dan jujur, dan pada nilai Ibadah memiliki karakterkerja keras, gemar membaca, dan disiplin. Sementara itu pada nilai Akhlak memiliki karakter mandiri, komunikatif, kreatif, demokrasi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, toleransi, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:48
Last Modified: 28 Sep 2021 02:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2578

Actions (login required)

View Item View Item