Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Fasilitator Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didk di SMAN 1 Pare

Rohmawatin, Salisa (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Fasilitator Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didk di SMAN 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123417 prabab,1 2 3.pdf

Download (445kB)
[img] Text
932123417 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
932123417 6,dp.pdf

Download (172kB)
[img] Text
932123417 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peran guru sebagai fasilitator pembelajaran daring dan tatap muka artinya guru memfasilitasi proses pembelajaran daring dan tatap muka. Saat ini peran guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber informasi bagi peserta didik. Pada kenyataannya di lapangan guru masih seringkali menjadi sumber utama informasi dan pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Penekanan bahwa guru sekarang lebih berperan sebagai fasilitator dimaksudkan agar kelas menjadi lebih hidup dan bergairah. Upaya guru PAI dalam membentuk karakter peserta didik identik dengan pembelajaran akhlak. Karena keteladanan karakter dimulai dari pendidik itu sendiri, sebab pendidik adalah panutan dari peserta didik dalam segala hal. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator di SMAN 1 Pare (2) Bagaimana karakter reigius peserta didik di SMAN 1 Pare. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka proses analisa data dilakukan melalui tiga langkah yaitu, pertama reduksi data untuk merangkum, memilih dan memfokuskan pada hal-hal yang penting, kedua penyajian data guna untuk memastikan data lengkap serta validitas dan reabilitasnya jelas, ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator di SMA Negeri 1 Pare sudah terlaksana dalam pembelajaran daring dan tatap muka dapat aktif dengan intruksi dari pemerintah dan pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan oleh sekolah. Guru menyediakan media pembelajaran untuk mejalankan pembelajaran berlanhsung. (2) Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pare menggunakan berbagai metode dalam menanamkan karakter religius peserta didik yaitu, metode keteladanan, pembiasaan dan disiplin. Dimana seorang guru harus bisa menjadi contoh yang baik kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:39
Last Modified: 24 Sep 2021 02:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item View Item