تطبيق طريقة حل المشكلات في تعليم قواعد اللغة العربية بالمدرسة الدينية التكميلية البدرية بانداركيدول – مجاراطا - كديري البحث العلمي

Muzakki, Muhammad Agus Faishal (2020) تطبيق طريقة حل المشكلات في تعليم قواعد اللغة العربية بالمدرسة الدينية التكميلية البدرية بانداركيدول – مجاراطا - كديري البحث العلمي. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932500713 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932500713 bab1.pdf

Download (700kB)
[img] Text
932500713 bab2.pdf

Download (641kB)
[img] Text
932500713 bab3.pdf

Download (620kB)
[img] Text
932500713 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
932500713 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
932500713 bab6.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932500713 daftar pustaka.pdf

Download (443kB)
[img] Text
932500713 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)

Abstract

Pembelajaran di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al-Badriyyah Bandar Kidul - Mojoroto - Kediri menggunakan metode-metode yang sering dijumpai di pondok-podok pesantren lain diantaranya adalah metode sorogan, bandongan, ceramah, dan muhafadzah. Di sisi lain, diterapkan juga metode Problem Solving di beberapa disiplin ilmu, diantaranya pada pembelajaran qowaid Bahasa Arab. Oleh sebab itu peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al-Badriyyah dengan judul “Penerapan Metode Problem Solving pada Pembelajaran Qowaid Bahasa Arab di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al-Badriyyah Bandar Kidul - Mojoroto – Kediri” dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Penerapan Metode Problem Solving pada Pembelajaran Qowaid Bahasa Arab di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al- Badriyyah? 2) Apa Kekurangan dan Kelebihan Penerapan Metode Problem Solving pada Pembelajaran Qowaid Bahasa Arab di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al-Badriyyah?. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode Problem Solving adalah metode pembelajaran yang digunakan di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al-Badriyyah dengan tujuan agar murid mampu menguasai materi pembelajaran, memahaminya untuk perkembangan kognitif, psikomotorik dan afektif. 2) Kelebihan dari penerapan metode Problem Solving di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al-Badriyyah adalah: mengembangkan kemampuan murid dalam memahami qowaid Bahasa Arab dan menerapkannya secara langsung, mengembangkan kemampuan murid dalam mengatasi masalah dan memahami materi yang telah disampaikan guru secara mendalam dan melatih murid untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Sedangkan diantara kekurangan penerapan metode ini yaitu metode ini memakan waktu yang panjang untuk mengorganisir kegiatan belajar murid.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:30
Last Modified: 02 Sep 2021 02:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item