Peranan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Amanah Mandiri Dalam Meningkatkan Produktivitas Gabungan Kelompok Tani Desa Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk

KHAMIM, DUROTUL (2015) Peranan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Amanah Mandiri Dalam Meningkatkan Produktivitas Gabungan Kelompok Tani Desa Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Abstrak_Persetujuan dan Nota.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Daftar Anggota GAPOKTAN_Tabel & Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keuangan mikro merupakan alat yang cukup penting untuk mewujudkan pembangunan oleh Pemerintah Indonesia dalam tiga hal sekaligus, yaitu: menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengentaskan kemiskinan. Akses terhadap jasa keuangan yang berkelanjutan merupakan prasyarat bagi para pengusaha mikro dan para petani untuk meningkatkan kemampuan usahanya dan keluarga miskin dalam mengurangi kerentanan hidup (terhadap musibah dan permasalahan ekonomi), serta untuk meningkatkan penghasilan mereka. Terkait dengan usaha di bidang pertanian, salah satu upaya yang ditempuh untuk mendukungnya adalah melalui pendirian Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA). Stempel agribisnis menjadi ciri dari LKM yang mengkhususkan dalam mendukung usaha di bidang pertanian. LKMA, dikembangkan sebagai kelembagaan usaha yang mengelola jasa keuangan untuk membiayai usaha agribisnis skala kecil di pedesaan, baik berbentuk formal maupun non formal Penelitian skripsi ini menggunakan rancangan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah memperoleh data di lapangan, selanjutnya dilakukan analisis data untuk mendapatkan temuan penelitian. Keabsahan data diuji dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi sumber data.. Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa: Usaha-usaha yang dilakukan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Amanah Mandiri dalam meningkatkan Produktivitas Gapoktan berupa (1) pengadaan pelatihan-pelatihan, (2) pengadaan modal, pengadaan bibit, pengadaan pupuk dan pengadaan alat garap berupa traktor, (3) pengadaan pendampingan anggota, dan (4) penawaran penjualan hasil panen ke mitra KJKS Amanah Mandiri. Peranan KJKS Amanah Mandiri dalam meningkatkan produktivitas gapoktan Desa Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk dimulai dengan pengadaan bibit padi, jagung, kedelai, kacang tanah dan pengadaan pupuk dan menyediakan alat penggarap bagi petani berupa traktor. Serta yang paling penting yaitu pembiayaan bagi hasil yang sangat tepat sasaran bagi petani. Peningkatan hasil tani tahun 2012 (Rp. 9.030.000 dan Rp. 19.320.000), 2013 (Rp. 14.420.000 dan Rp. 31.570.000), dan 2014 (Rp. 19.110.000 dan Rp 24.990.000). Menunjukkan bahwa KJKS Amanah Mandiri mempunyai peranan dalam meningkatkan produktivitas petani Ds. Sekarputih Kec. Bagor Kab. Nganjuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 15 Mar 2019 02:47
Last Modified: 15 Mar 2019 02:47
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item