Konsep Pendidikan Imam Al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Modern

Ulfa, Siti Ni’matul (2021) Konsep Pendidikan Imam Al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Modern. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932129016 prabab.pdf

Download (984kB)
[img] Text
932129016 1,2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932129016 3,4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
932129016 5,dp.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932129016 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)

Abstract

Konsep pendidikan yang ditulis dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim termasuk konsep pendidikan yang mengutamakan penanaman akhlak. Pendidikan akhlak sering dibicarakan dalam dunia pendidikan, hal ini sesuai dengan tugas Nabi Muhammad S.A.W yang diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Di zaman modern ini dengan berkembangnya sistem teknologi dan komunikasi, yang telah menimbulkan kemerosotan akhlak peserta didik. Dan untuk memberikan pembelajaran mengenai akhlak, salah satunya dengan mengkaji kitab Ta’lim al�Muta’allim. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kajian pustaka (library research) dengan pendekatan analisis kritis terhadap pemikiran tokoh. Sumber data yang utama adalah kitab Ta’lim al-Muta’allim dan didukung dari sumber lainnya, seperti jurnal yang berhubungan dengan konsep pendidikan dari tokoh modern, dan UU No. 20 Tahun 2003 sebagai acuan konsep pendidikan yang terjadi saat ini. Pengumpulan data lewat teori, baik berasal dari literatur ataupun karangan ilmiah yang berhubungan dengan penelitian. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa konsep pendidikan Imam al-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim terbagi menjadi 4, diantaranya tujuan menuntut ilmu, pelaksanaan pendidikan, pandangan tentang murid dalam pelaksanaan menuntut ilmu, dan pandangan tentang guru yang berisikan adab murid terhadap guru dalam pelaksanaan menuntut ilmu. Ketika di relevansikan dengan pendidikan saat ini, adab murid kepada guru akan sangat diperhatikan. Sehingga tidak akan ada kasus murid yang berani terhadap gurunya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:25
Last Modified: 24 Aug 2021 04:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2529

Actions (login required)

View Item View Item